Cara masuk KAUST

Berhubung sering ada yang nanya gimana caranya daftar KAUST, padahal kalau mau ke websitenya terus klik klik dikit langsung keliatan, sekalian aja gw tulis persyaratannya di sini beserta terjemahannya (meskipun kalau butuh terjemahan cuman buat ngerti cara daftar ke KAUST, gw ga paham gimana entar kalo harus baca paper).

Yang harus kalian lakukan adalah ke website KAUST dan lakukan pendaftaran online. Dokumen yang kalian butuhkan:

  1. Hasil tes TOEFL IBT/ IELTS. Buat IBT cukup 79 aja. IELTS minimal 6. GRE gak butuh tapi bisa menunjang.
  2. Transkrip dalam bahasa inggris, dikirim online.
  3. Surat rekomendasi x3, diisi via online.
  4. CV

Oh dan KAUST adalah King Abullah University of Science and Technology dan seperti namanya cuma punya jurusan IPA:

  • Electrical engineering (surprisingly, belom ada arus kuat di KAUST meskipun energi merupakan salah satu fokus utama di Saudi)
  • Computer science
  • Applied math
  • Earth science and engineering
  • Material science and engineering
  • Chemical science
  • Chemical and biological engineering
  • Mechanical engineering
  • Environmental science and engineering
  • Plant science
  • Bioscience
  • Marine science

jadi kalau kalian tadinya belajar ekonomi atau kebidanan, mungkin ini bukan universitas yang tepat untuk melanjutkan sekolah yah.

Oh dan hampir lupa! Waktu kalian bikin personal statement tentang kenapa kalian ingin ke KAUST dan waktu interview, jangan bilang kalau kalian daftar karena ingin bisa Umroh/Haji. That’s a big no-no! Selain karena itu berarti kalian gak serius daftar karena pengen belajar, KAUST adalah komunitas internasional (bener-bener beda dengan di luar tembok sana) dan mereka kelihatannya gak terlalu ingin menerima kandidat yang terlalu religius, karena dikhawatirkan gak bakalan cocok dengan culture di dalem tembok sini.

Terus beasiswanya gimana? Semua mahasiswa yang diterima bakal dapet beasiswa sebesar 20000 USD per tahun untuk mahasiswa master, 25000 USD per tahun untuk PhD, dan 30000 USD per tahun untuk mahasiswa PhD yang udah beres qualifier dan memenuhi persyaratan mata kuliah PhD. FYI sebulan gw cuma abis paling 500 USD karena rumah, asuransi, dan tuition gak bayar, jadi ini kesempatan super bagus buat nabung.

“Terus, kira-kira saya bisa diterima nggak?”

Kalau ini sih jangan tanya ke gw, berhubung gw bukan bagian dari admission team. Tapi untuk gambaran seperti apa orang yang dicari KAUST, waktu itu PI gw ngomong gini ke gw:

You’re lucky because you did your undergrad and master in really good universities.

FYI gw lulus dari ITB dan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) yang bisa dibilang salah satu universitas top di Korea (tentunya Selatan). Jadi ya suka nggak suka universitas tempat kalian lulus akan jadi salah satu hal yang pertama dilihat. Beneran. Salah satu temen gw daftar ke electrical engineering buat tahun depan dan gw pun basa-basi pas ketemu profesor calon PI nya dia. Si prof cocok dengan si temen ini, dan dia pun menanyakan beberapa hal ke gw karena gw bilang gw classmate sama dia:

  • How good is ITB? How is the admission process? How many applied and how many got accepted each year?
  • Is your friend on top of the class?

Kata si prof tersebut ini penting supaya dia nanti bisa meyakinkan admission team. Berhubung gw emang memandang tinggi si temen gw ini, ya tentu saja gw bisa dengan yakin bilang kalo dia emang bagus secara akademik dan riset. Ini sekedar gambaran bahwa KAUST beneran nyari orang-orang dari universitas bagus dengan IPK tinggi. Yaa, emang sih IPK ga menentukan keberhasilan, tapi sekali lagi suka gak suka itu akan jadi salah satu filter pertama bagi pihak universitas untuk menyaring kandidat. Dan waktu itu pun gw pernah nanya tentang anak yang daftar ke salah satu profesor, tapi katanya karena IPKnya gak terlalu tinggi dan universitasnya pun bukan universitas top, jadi si prof pun gak mengencouragenya untuk lanjut.

Did I scare you? Tapi pikir aja kayak gini, kalau dengan tulisan gw aja kalian langsung ciut maka kalian gak akan survive ngambil PhD.

4 thoughts on “Cara masuk KAUST

Leave a Reply

