Travel – Istanbul, Turki

Hai hai, kali ini gw akan posting tentang pengalaman selama traveling di Istanbul. BTW gw gak akan me-list tempat yang harus dikunjungi karena banyak blog post lain di luar sana yang lebih oke dan kompeten buat masalah itu, jadi kita bahas hal-hal yang berdasarkan pengalaman saja yaw hoho.

1. Bikin visa

Visa Turki bisa dibuat secara oline dengan mengunjungi https://www.evisa.gov.tr/en/. Biaya visa untuk wisata waktu itu 25 USD/orang dan bisa dibayar dengan kartu kredit. Kalau sudah, jangan lupa print email visa untuk nanti ditunjukkan ke bagian imigrasi waktu tiba di Turki. Kalian juga bisa buat visa on arrival, tapi antriannya bakal panjang. So, kenapa gak bikin online aja?

2. Uang

Mata uang turki adalah Lira. Tapi, karena Turki nempel sama eropa, di sini Euro juga diterima sebagai mata uang yang sah. Hotel-hotel dan tur biasanya mau dibayar dengan euro, dan nilai tukar dari Euro ke Lira pun lumayan bagus bila kalian menggunakan money changer setempat (bukan airport yaaa). Jadi, kalau kalian termasuk golongan beruntung yang hidup di Eropa, membawa Lira secukupnya dan sisanya membawa Euro juga ide yang baik, jadi kalian gak punya sisa Lira banyak. Oh, tapi untuk masuk WC umum kalian harus bayar 1 Lira jadi pastikan kalian punya cukup Lira supaya nggak ngompol.

3. Penginapan

Kalau kalian menginap di Istanbul, maka penginapan yang paling strategis adalah yang terletak di sekitar daerah Sultanahmet atau Sirkeci, karena dekat dengan lokasi-lokasi yang akan dikunjungi. BTW, gw melakukan kesalahan saat booking kamar hotel kemarin karena gak baca review dengan seksama, dan malah tinggal di hotel yang berisik di Sultanahmet. Cara bagus dapat hotel: buka booking.com atau hotels.com, sesuaikan harga kamar dengan budget kalian, dan cari kamar yang ratingnya di atas 4/5 atau 8/10. Meskipun kedengarannya super picky, tapi waktu gw cek banyak hotel bagus yang muncul. FYI di booking.com yang jadi city center adalah daerah Sultanahmet, jadi makin dekat ke city center makin bagus.

Gw pribadi tinggal di second home hostel di Sirkeci setelah gak tahan dengan penginapan yang pertama. Super recommended. Staffnya super helpful, kamarnya bersih, dan sarapannya enak. Oh dan dekat dengan tempat-tempat makan murmer.

Hotel kedua di Istanbul setelah gak tahan di hotel pertama. Ini di second home hostel. Super recommended

4. Makan

Satu hal yang harus kalian perhatikan: jangan makan di sekitar Sultanahmet! Sekali lagi, jangan makan di sekitar Sultanahmet! Karena Sultanahmet adalah daerah turis, maka makanan di sini harganya lebih mahal (bisa dua kali lipat) dibandingkan di tempat biasa. Hal yang sama berlaku buat restoran-restoran yang ada di jalan utama. Gw sarankan kalian jalan sedikit ke gang-gang sekitar daerah Sirkeci, di mana banyak makanan-makanan murah meriah (lihat poin 3). Oh, dan biasanya makanan murah meriah lebih enak dibandingin makanan yang ada di tempat berbentuk restoran (di Indonesia juga entah mengapa jajanan gerobak lebih enak dibandingin makanan restoran buat tipe makanan yang sama). Apabila kalian main ke daerah sekitar Taksim, makanan-makanan di situ juga harganya bersahabat. Sebagai contoh, restoran kebab di gambar di bawah harga Adana kebabnya gak sampe 10 lira, sementara

Ini kebab super enak di Sirkeci yang rasanya pas banget entah kenapa

4. Istanbul card

Ini mestinya poin awal-awal tapi ntahpapalah huehuehue. Ini merupakan kartu transportasi yang digunakan buat naik metro, ferry dan tram. Untuk pembelian pertama, kartu ini seharga 10 lira dengan isi kredit 4 lira. Menggunakan Istanbul Card jauh lebih ekonomis (dan juga praktis) dibandingkan membeli token setiap kali akan naik transportasi umum. FYI, Istanbul Card cuma digunakan sekali saat awal naik, dan saat keluar dari stasiun kalian gak perlu menggunakannya karena tarif transportasinya flat. Jadi, bisa saja satu kartu digunakan rame-rame kalau kalian malas beli lebih dari satu kartu.

5. Museum pass

Benda yang wajib dibeli bila kalian ingin mengunjungi situs-situs bersejarah di Istanbul (gw akan terheran-heran sih kalau kalian datang jauh-jauh ke Istanbul dan gak mengunjungi situs bersejarahnya). Beli yang valid untuk 3 hari seharga 80 Lira. Gw yakin dalam 2 hari pertama kalian akan menghabiskan hampir seluruh museum yang termasuk dalam museum pass. Jadi, di hari ketiga nikmatilah Bosphorus cruise dengan diskon 20% bagi pemegang museum pass yang valid. Note: perhatikan hari di mana museum-museum ini nggak buka supaya kalian nggak menyesal.

Kalian ke Istanbul tapi gak ke Hagia Sophia? Eeeeeee

Oh ya, meskipun museum pass ini menguntungkan, tapi ada tempat-tempat yang nggak dicover sama museum pass. Di antaranya adalah Basilica Cistern (20 Lira), Dolmabahce palace (40 Lira termasuk Harem, dan sangat worth it), dan Galata Tower (25 Lira per orang, ini rada meh sebenernya karena antriannya panjang dan platform di atas menaranya sempit banget tapi karena gengsi udah ngantri lama jadilah kita masuk). Mesjid-mesjid yang masih aktif (Sultanahmet, Suleymaniye) semuanya gratis. Kalian bisa solat di dalamnya, dan arsitekturnya luar biasa bagus.

6. Tur

Nah! Ini salah satu hal yang gw berharap tahu lebih awal. Apabila kalian nginep di hotel, biasanya hotel kalian sudah kenal dengan penyedia layanan tur di sekitar Turki. Dan kalau kalian booking tur lewat mereka, bakal lebih murah dibanding kalau kalian langsung mengkontak si penyedia tur sendiri. Contoh: naik balon, kalau lewat hostel maka waktu itu bisa 20 euro lebih murah per orang. Airport transfer di Cappadocia 10 Lira lebih murah kalau lewat penginapan.

But we still rode our balloon and it was awesome

Sekian!

One thought on “Travel – Istanbul, Turki

  1. mas adit, boleh tanya2 lebih banyak kah tentang istanbul? itu hotel yang kedua namanya beneran “second home hostel” mas? dari sirkeci ke sultanahmed mudah kah? makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s