Pesan

Berhubung gw belom sekaliber teman-teman dan senior gw yang disuruh memberikan presentasi kapita selekta di teknik telekomunikasi, jadi gw mau kasih pesan buat anak-anak teknik telekomunikasi ITB (sebenernya ini berlaku umum buat semua yang sedang kuliah) di sini aja huehuehue. Berhubung kayaknya masih lama sebelom disuruh presentasi apapun :p.

Kalo disuruh kasih pesan berdasarkan pengalaman selama PhD (biarpun baru 2 bulan), maka pesan dari gw adalah supaya kalian gak cuman terpaku di bidang telekomunikasi, tapi coba deh tambah wawasan kalian di bidang lain juga. Memang gw tahu ada dosen di telkom yang (kelewat) menganjurkan supaya anak-anak telkom cuma ngambil mata kuliah telkom, tapi misalnya kalian berniat buat lanjut ke jenjang riset yang lebih tinggi maka breadth juga akan jadi sangat penting. Karena dalam riset-riset yang bagus biasanya juga ada bagian-bagian ilmu dari disiplin ilmu yang lain.

Karena itu, jangan ragu-ragu untuk ngambil mata kuliah dari departemen lain, bahkan kalau kayaknya gak ada hubungannya. Siapa tahu kalian malah menemukan topik riset baru yang menarik. Ya contoh kongkrit aja. Misalnya kalian juga tahu soal jaringan listrik, kalian bisa mendesain smart grid. Misalnya kalian ngerti biomedik, kalian bisa aja ngedesain body area network untuk pasien. Contoh lain yang sangat menarik dan gw temukan di sini adalah ketua grup diver KAUST, karena pastinya dia senang diving, mendesain sistem untuk tracking fauna laut. Intinya ide riset untuk bidang telekomunikasi itu gak melulu dateng dari kuliah telkom, tapi bisa dari mana aja. Dari hobi, pengetahuan umum, jurusan lain, intinya dari mana saja.

Ditambah, pengetahuan kalian yang kalian dapat dari bangku kuliah S1 itu cuman untuk melatih pikiran kalian supaya siap untuk menerima pengetahuan lanjut yang akan kalian dapat entah dari tempat kerja atau mungkin S2 atau S3. Salah satu teman gw yang sekarang risetnya telkom banget malah tadinya datang dari background elektro subjur kendali. Teman gw yang riset radar tadinya datang dari teknik elektro umum. Dan tentunya gw sendiri yang sekarang nyasar jadi anak setengah elektronika dan material.

Jadi buka wawasan kalian seluas-luasnya. Gak perlu terpaku harus lurus ambil mata kuliah telkom terus-terusan. Memperdalam satu ilmu itu memang penting, tapi pengetahuan yang luas antar disiplin ilmu juga gak kalah penting.

(kayak bakal ada adek kelas yang buka blog ini aja)

p.s. gambar distribusi ion di atas ga ada hubungannya, cuman salah satu PR di mana gw disuruh ngitung distribusi ion implantation di silicon wafer buat doping

2 thoughts on “Pesan

  1. Assalamualaikum,

    Saya mendapat link blog Anda dari kaustina.org,
    untuk pendaftaran PhD di KAUST boleh lintas bidang ya? saya sekarang teknik telekomunikasi, thesis tentang wireless communication, tapi lebih minat ke optical fiber walaupun pengetahuan di optical fiber masih sangat kurang. Apakah ketika menghubungi Prof yang bersangkutan atau saat admission hal ini menjadi masalah?

    Thanks,
    Wassalamualaikum wr wb

    1. Walaikumsalam

      Halo Ichbinnia, kalau masalah lintas bidang pada level PhD, sebenarnya itu tergantung dengan advisor dari research group yang diminati saja. Kalau profesornya setuju, dari admission tidak akan ada masalah juga. Saya sendiri juga bisa dibilang pengetahuan di semikonduktor sebelum PhD nol besar, tapi sekarang saya banyak mengerjakan hal yang berhubungan dengan semikonduktor. Semoga membantu.

Leave a Reply

