Ngambil Medan (lagi)

Buat yang lumayan familiar dengan proses ngambil PhD, tentunya kalian tahu bahwa pada suatu titik anak PhD harus ngambil qualifying exam – atau biasa disebut qual – sebelom benar-benar bisa disebut sebagai PhD candidate. Untuk di KAUST, mahasiswa program PhD udah harus ngambil qual dalam waktu satu tahun setelah admission dengan kesempatan mencoba cuma 2 kali. Kalau gagal ya udah goodbye, selamat dideportasi.

Sumber: phdcomics.com

Which takes us to this post: gw berencana untuk ngambil qual di awal bulan Februari, yang berarti adalah sebuah ide cemerlang buat gw untuk memulai persiapan dari sekarang. FYI, di KAUST seorang mahasiswa PhD sebenernya cuman diwajibin untuk ngambil 2 mata kuliah level PhD misalnya dia udah ngambil master sebelomnya. Akan tetapi, gw sangat beruntung masuk di semester ini, di mana ga ada mata kuliah level PhD bidang gw yang buka dan 3 mata kuliah level master yang akan nongol di qual dibuka. Seperti yang gw sebutkan, mahasiswa PhD gak wajib ngambil mata kuliah master. Tapi karena ini kesempatan bagus buat refresh pengetahuan gw (dan background gw di photonics hampir 0), maka gw pun mengambil 3 mata kuliah ini.

Yang gw ambil adalah: semiconductor optoelectronic devices, principles of optics, dan electromagnetic theory. Demm gw ngambil medan lagi. Waktu S1 gw udah ngambil 2 kali di medan 1 dan 2. Waktu di KAIST gw udah ngambil electromagnetic theory. Dan di KAUST gw ngambil electromagnetic theory lagi! Dan setelah dicek ternyata silabusnya kurang lebih sama. Eeee… yasuwlah anggap aja gw jadi jago ngerjain elektromagnetik setelah ngambil medan 4 kali. Padahal dulu medan jadi momok waktu di S1. Hufff gw yakin 6 tahun yang lalu gw ga mikir bakal ngambil mata kuliah ini 4 kali meskipun lulus terus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s