KAUST

Oke, judul dari artikel ini bukan typo tadinyamau nulis KAIST tapi terus kepencet huruf U. Tapi beneran ini adalah tentang universitas bernama King Abdullah University of Science and Technology. Yang ada di arab saudi. Oke, awalnya gw sendiri pun skeptis tentang sebuah universitas yang ada di arab saudi. Tapi setelah baca-baca lebih detail tentang universitasnya, tentang kelas dan dosen-dosennya, tentang pencapaiannya yang luar biasa dalam cuma dalam 5 tahun setelah berdiri, dan tentunya setelah dapet offer letter untuk program PhD, gw pun memutuskan untuk mencoba mengambil PhD degree di sini.

Kalau soal sejarahnya secara baku sih mendingan langsung lihat ke kaustina.org saja ya. Tapi di sini gw akan menceritakan pengalaman pribadi gw aja sejak menginjakkan kaki di KAUST (sebenernya pengen cerita dari sejak mendarat di arab saudi, tapi itu lain kali aja). Hal pertama yang gw liat adalah: kampusnya guede bangettt! Ini pertama kalinya gw masuk ke kampus yang selain punya kompleks universitas, punya housing dalam kampus yang luar biasa banyak, punya supermarket, punya lapangan golf, marina, fasilitas snorkeling, dan pusat rekreasi lengkap dengan arena bowling. Buat yang pernah cari info soal arab saudi, mungkin kalian tahu bahwa di arab saudi banyak compound-compound atau komples tertutup, misalnya punya Aramco, di mana di dalamnya bener-bener beda dengan keadaan di luar. Kalau di luar kompleks arab saudi adalah negara yang sangat strict dengan peraturan seperti misalnya penggunaan abaya dan bahwa laki-laki dan perempuan non-muhrim gak boleh duduk barengan di restoran, maka di dalam kampus orang-orang bebas berpakaian (meskipun tetap ada batas wajar pastinya) dan beraktifitas. Kalau di luar wanita gak boleh naik sepeda, di dalam kampus boleh. Begitulah.

Housingnya juga nggak tanggung-tanggung. Selain gratis, ini juga bener-bener bagus. Gw dapet housing lengkap dengan living room, dapur, kamar mandi dalam, shower, dan bathtub. Holisyit, hotel aja belom tentu dapet yang kayak gini.

Tapi tentu aja kan yang namanya universitas, yang penting adalah riset dan kegiatan perkuliahannya? Itu akan gw post lain kali heheh, karena postingan kali ini masih buat pemanasan soal KAUST.

5 thoughts on “KAUST

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s