Blue Skies Research

Sejujurnya, sebelumnya saya gak pernah denger apa itu istilah yang namanya “blue skies research”. Istilah ini pertama saya denger waktu kemarin ngobrol dengan advisor PhD saya tentang topik riset.  Kasarnya, blue skies research adalah riset yang aplikasi langsung dan impact ekonominya masih ga kelihatan jelas. Ya kalau tahu orang yang kerjaannya meneliti black hole, sekarang gak jelas kan gimana caranya komersialisasi black hole?

Karena topik advisor saya tentang photonics, saya tanya ke beliau scope photonicsnya apaan. Sekarang lab photonics yang sedang difokusin antara lain ya semiconductor laser dan LED, dan juga sistem lasernya untuk komunikasi. Karena sebelum diterima kemarin saya juga baca beberapa topik photonics yang lagi hot, misalnya metamaterial dan nanophotonics. Kira-kira respon beliau kemarin seperti ini:

Sure you can do research on those topic, but it would be better if you do it as exploratory research. As engineers we should focus on something within the next 25-30 years. Yes, you can explore those topics and publish in really good journals like Science or Nature, but I think more than publishing in journals it is more important to have a real impact. It would be better if someday you can become a leader in industry and provide jobs for other people. We should consider the impact of our research to the world.

Looks like I’ll be in good hands, yes? BTW beliau ini memang pernah bikin startup di silicon valley jadi jelas dia gak asbun yoipedulibangsa gitu.

6 thoughts on “Blue Skies Research

Leave a Reply

