Cara menulis thesis KAIST dengan menggunakan LaTeX

Halo semuanyašŸ˜€. Akhir-akhir ini, karena memang sedang jamannya menulis thesis, gw memutuskan untuk menjajal LaTeX untuk menulis thesis gw biar hipster supaya lebih mudah diedit dan gw ga usah terlalu ambil pusing untuk urusan formatting. Sekarang gw akan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara set-up distribusi LaTeX hingga template thesis dari KAIST bisa dijalankan.

Guide asli yang gw gunakan bisa dilihat di sini, tapi untuk post ini tentu saja akan diberikan dalam bahasa Indonesia dan gw akan menambahkan beberapa hal. Pertama tentu saja menginstall LaTeX di komputer. Untuk ini cukup download proTeXt dari link iniĀ dan lakukan instalasi mikTeX (saat posting ini dibuat versi yang ada adala 2.9). Berikutnya, yang harus dilakukan adalah menginstall ko.TeX yang berisi package hangeul. Apabila ko.TeX tidak diinstall maka font hangeul tidak akan muncul di PDF yang dihasilkan. ko.TeX bisa didownload di sini.

Berikutnya adalah memasukkan directory ko.TeX ke root directory mikTeX. Buka start menu > MikTeX 2.9 > Maintenance (admin) > Settings (admin). Tambahkan direktori texmf-dist ko.TeX di tab Roots seperti pada di gambar. Sebagai catatan, di sini gw menginstall ko.TeX secara default.

CaptureSetelah itu, tekan apply dan MikTeX akan melakukan update database. Berikutnya adalah mapping teks hangeul dalam ko.TeX. Buka command prompt sebagai admin dan masukkan command initexmf --edit-config-file updmap.Ā Tambahkan tiga baris berikut:

map kotex-base.map

map kotex-extra.map

map kotex-midkor.map

Kemudian, buka fileĀ C:\usr\texlive\2013\texmf-dist\web2c\updmap.cfg. Di sini, tambahkan tanda kres (#) di depan semua baris yang diawali dengan kata “Kanji”. Entah mengapa, command ini membuat updmap tidak bisa berjalan di komputer gw.

Terakhir, update updmap dengan mengetikkan command updmap –verbose di command line, dan lihat apakah ada error yang muncul. Setelah step ini selesai, kita bisa menggunakan file template LaTeX dari KAIST yang bisa diperoleh dari sini.

Sebagai tambahan, gw mengedit sedikit file class LaTeX KAIST sehingga nama author ditulis tanpa tanda koma, dan huruf cina tidak ditampilkan di samping nama kita (tapi waktu mengisi template masukin asal aja berhubung class filenya ngecek apakah nama author dalam huruf cina sudah dimasukkan. Gw agak males ngedit yang ini). File classnya bisa didownload dari sini.

Semoga membantušŸ˜€

One thought on “Cara menulis thesis KAIST dengan menggunakan LaTeX

Leave a Reply

