Hotel, Hostel, dan Booking Online

Berhubung gw akan mulai studi di awal Februari, gw berencana untuk datang ke Korea pada tanggal 27 Januari ini. Yep, sekitar dua minggu lebih sedikit dari sekarang. Dan kelihatannya, bagi keluarga gw ‘mengantar anak sulung kuliah S2 di luar negeri’ merupakan alasan yang cukup kuat untuk sekalian jalan-jalan ke luar negeri😀. Nah, jadilah 4 orang ini pergi ke Seoul. Hanya saja ada satu masalah: kita belum booking hotel. Haiyah!

Dengan pertimbangan harga dan ketersediaan dari tempat menginap, hari ini pun gw dan ibu gw mulai melihat-lihat satu persatu opsi yang ada untuk tempat menginap.Untungnya, di era web 2.0 ini mudah buat melihat-lihat hotel yang ada dan juga melakukan booking hotel secara online. Rate dari masing-masing hotel beserta reviewnya sudah tersedia. Booking juga bisa dilakukan dengan mudah dengan mengandalkan kartu kredit. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya gw melakukan booking online, karena terakhir kali waktu gw menginap di Palembang pada beberapa hari pertama, gw menggunakan booking.com.

Rencananya kami akan menginap di 3 hari di Seoul dan 2 hari di Daejeon (dan tentunya setelah itu gw akan hidup di dorm T_T). Jadi, hal pertama yang dicari adalah..

Hotel

Seperti yang gw sebutkan tadi, gw pernah menggunakan jasa dari booking.com. Namun, kali ini ibu gw menggunakan agoda.com. Basicnya sama saja sih

Buat yang mungkin belum pernah booking online, booking bisa dilakukan dengan cara yang cukup simpel. Untuk agoda,  langsung tentukan kota tujuan, tanggal menginap, dan jumlah orang yang menginap. Dari situ akan ditampilkan hotel-hotel dengan spek yang sesuai dengan yang kita inginkan. Kita bisa juga memberikan spek yang lebih spesifik lagi seperti misalnya bintang, harga, atau daerah hotel. Kita juga bisa melihat review dari user lain yang pernah menginap di sana. Kalau sudah sreg, pilih booking, dan kita akan diminta memasukkan informasi kartu kredit. FYI, untuk agoda kita tidak akan kena charge apabila booking dibatalkan minimal 3 hari sebelum hari H.

Hal yang juga harus diperhatikan adalah kurs! Entah kenapa, waktu tagihannya masuk kelihatannya bank yang mengeluarkan kartu kredit kami menggunakan kurs USD yang agak mahal dibandingkan kurs saat ini. Hmm..

Dari sini ada masalah: ternyata kami berhasil dapat hotel di Daejeon, tapi tidak di Seoul! Whattt. Padahal niatan jalan-jalan kan di Seoul <_<. Di sinilah digunakan solusi kedua, yaitu..

Hostel

Oke, ini jadi pengalaman pertama menginap di hostel, dan langsung sekeluarga😀. Untuk kali ini gw menggunakan jasa dari hostels.com

Secara umum hostels.com sama dengan situs online booking lainnya, tapi di sini kita membayar DP sebesar 10% dari total biaya secara online. Setelah itu baru kita melunasi sisanya saat sudah tiba di tempat😀.

Jadi apa itu hostel? Hmm mungkin semacam penginapan murah kali ya? Gw sendiri belum pernah mencobanya. Tapi satu hal yang menarik adalah dari beberapa hostel yang gw cek di hostels.com, gw menemukan bahwa kita bisa saja tinggal serumah dengan pemilik hostel tersebut.

Dari segi fasilitas, kamar di hostel memang tidak se-wah kamar di hotel, dan terlihat lebih sederhana. Berikut contoh kamarnya: Kita bisa memilih, apakah kita ingin satu kamar pribadi yang hanya ditempati oleh kita sendiri/keluarga, atau satu kamar beramai-ramai dengan orang asing. Opsi kedua mungkin menarik bagi beberapa orang, tapi saat ini gw masih agak segan dengan opsi kedua. Maybe someday when I start travelling around the world😀. Oh dan kamar mandi biasanya ada di luar dan dipakai secara bersama-sama. Oh well, gw gak akan mandi sering-sering mengingat cuacanya kayak gini. Tapi mungkin akan menjadi penderitaan tersendiri buat yang kebelet boker.

Hal yang unik dari hostel adalah, meskipun tidak semewah hotel, gw menemukan di review bahwa tamu-tamu yang ada senang bisa bertemu dengan backpacker-backpacker lainnya. Selain itu, bahkan ada yang akrab dengan pemilik rumah, dan diajak makan-minum bareng. Di salah satu hostel dikatakan bahwa si hostel bahkan menyediakan jasa sewa sepeda. Wow.

Sekian postingan kali ini. Semoga perjalanan ke Korea untuk menuntut ilmu dilancarkan oleh Allah swt.😀. Meskipun berat meninggalkan Indonesia yang sudah menjadi tempat bernaung selama hampir 23 tahun ini, ada yang harus diingat: there is no growth in comfort zone, and there is no comfort in growth zone. I chose growth🙂

One thought on “Hotel, Hostel, dan Booking Online

Leave a Reply

