Jakarta, nasibmu

Menurut perkiraan para ahli, lalu lintas di kota Jakarta akan mengalami collapse pada tahun ini. Bukan sesuatu yang mengherankan, mengingat kredit motor bisa didapat semudah beli kacang goreng (sebenarnya gw belom pernah nemu tukang kacang goreng di pinggir jalan) dan ketidakmampuan angkutan umum untuk menyediakan sarana transportasi yang memadai sebagai pengganti kendaraan pribadi. Untuk mereka yang bekerja di Jakarta dan melakukan commuting, perjalanan di jalan Jakarta merupakan suatu mimpi buruk tersendiri. Asap kendaraan bermotor yang menyesakkan napas, kemacetan pada jam-jam sibuk yang akan membuat anda was-was apakah anda akan sampai kantor tepat waktu, ditambah dengan berbagai isu kriminalitas di kendaraan umum yang makin sering terdengar.

Commuting dengan menggunakan sepeda bisa menjadi suatu pilihan. Sayangnya, apabila kita mencontoh jaur yang gw lewati setiap hari ke kantor, yaitu dari pasar minggu ke sudirman, maka menaiki sepeda benar-benar bisa melatih jantung. Baik dari segi olahraga, maupun bahwa anda akan jantungan karena takut terlindas metromini dan diklakson terus menerus oleh kendaraan roda dua.

Singkat kata, sampai saat ini lalu lintas jakarta tidak bersahabat kepada pengguna jalannya. Tidak hanya kendaraan bermotor, tapi juga pesepeda. Dan tidak jarang hak-hak pejalan kaki dilanggar oleh kendaraan bermotor roda dua yang naik ke trotoar demi melewati kemacetan. Dan yang lebih menyebalkan, pengendara yang paling biadab akan naik ke trotoar dan mengklakson pejalan kaki yang menghalangi mereka.

Jadi apa solusinya? Gw sendiri gak bisa memberi solusi, karena dalam hal ini gw cuma bisa bersabar. Niatan bike to work pun diurungkan karena kekhawatiran orangtua melihat lalu lintas yang sedemikian biadab, ditambah kemungkinan sepeda yang menemani gw selama setahun terakhir ini raib diambil orang. Ahh I’m going away for a while.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s