Diminishing return dan kerja

Sedikit pengantar, diminishing return adalah kondisi di mana hasil yang didapat tidak lagi linear dengan modal yang dikeluarkan. Perlahan-lahan, rasio perbandingan antara hasil dengan modal akan semakin kecil hingga lama-lama mencapai titik jenuh. Contoh paling sederhana dari wikipedia adalah misalnya kita menanam bibit tanaman. Kalau kita menanam terlalu banyak bibit di satu tempat, maka tanaman-tanaman tersebut akan bersaing satu sama lain, sehingga tidak semuanya mendapatkan nutrisi  yang cukup.

Nah sekarang masuk ke pokok bahasannya. Sebenarnya artikel ini terinspirasi oleh artikel lain (lupa euy dari mana, mungkin the 99%), tapi ya gw tulis lagi dengan bahasa sendiri ya😀. Jadi, kita harus menghindari keadaan di mana kita bekerja terus menerus secara non-stop dalam waktu lama. Seperti yang kita ketahui, bekerja dalam waktu lama akan mengakibatkan rasa bosan, jenuh, dan hilangnya konsentrasi. Akibatnya, seiring berjalannya waktu, kinerja kita akan menurun. Dari yang awalnya 100%, kemudian lama-lama 90%, dan turun terus. Sehingga, di saat pekerjaan kita berakhir hasil yang didapat mungkin tidak maksimum.

Beda dengan misalnya kita mengatur waktu sebagai berikut. Kita bekerja dengan intens selama 90 menit, setelah itu kita meluangkan waktu untuk refreshing. Entah itu nonton TV, stretching, pergi ke dapur ambil snack, atau entah apalah. Yang jelas, meluangkan waktu rehat sejenak ini bisa membantu menaikkan lagi kinerja kita yang tadi turun. Pada akhirnya, hasil kerja yang didapat lebih bagus dibandingkan dengan orang yang kerja nonstop, dan kita juga lebih enjoy mengerjakannya. Sekedar info, dulu waktu gw mumet di kelas antena biasanya gw cuci muka atau pergi ke kantin. Setelah itu gw balik ke kelas dalam keadaan segar. Jauh mendingan daripada tinggal di kelas, berjuang menahan kantuk, dan ga dapet apa-apa.

Begitulah, sempatkan beristirahat apabila kalian sedang bekerja. Bahkan pebiola handal pun ga melakukan latihan lebih dari 90 menit dalam satu sesi tanpa istirahat, dan berlatih sampai 4 jam saja dalam sehari. And an all nighter is a no-no.

One thought on “Diminishing return dan kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s