Ngekos di Palembang

Ini adalah pengalaman gw mencari tempat tinggal sebagai pendatang di Palembang. Oke, sebenernya pengalaman gw dan Dimas ini adalah kasus khusus, berhubung kita datang tepat h-1 sea games. Dan parahnya adalah setelah ditelusuri, beberapa hotel menaikkan harga hingga 2 kali lipat harga normalnya selama sea games. Well, untung gw bayar via booking.com, jadinya harga di situ tetap normal dan gak mengalami perubahan.

Anyway, ini yang perlu diperhatikan buat orang yang selama ini gak tau Palembang dan mungkin mau menetap sementara:

  1. Air conditioning is a must when choosing your accomodation
  2. Harga kosan mirip Jakarta. F

Begitulah. Eniwei, gw menetap di hotel dari hari Kamis dan check out Minggu, sebelum akhirnya pindah ke kosan. Kalau dipikir-pikir luar biasa juga gw bisa dapet kosan di saat sedang hectic-hecticnya sea games. Di mana akomodasi menjadi salah satu komoditas utama. All thanks to Pak Cikman, seorang teman dari teman nyokap gw yang udah sangat baik mau bantu gw mencari akomodasi di sini, tapi itu akan gw ceritakan lain kali.

Kembali ke kosan, harga kosan di sini bervariasi. Namun, setahu gw yang pakai AC biasanya di atas satu juta. Dan tidur di Palembang tanpa AC adalah sebuah bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri. Karena itu hampir bisa dipastikan pengeluaran bulanan minimal satu juta untuk bayar kosan. Tapi, buat yang mau tinggal sebentar biasanya kosan juga menerima harian, sekitar 100 ribu untuk yang sekelas itu.

Namun, biasanya kosan di sini gak punya fasilitas internet dan air panas. Yang pertama agak vital sih buat orang kayak gw. Yang kedua yaa, paling jadi males mandi.

Kalau gw sendiri, kosan gw seharga 1,25 juta dan udah enak banget. Fasilitasnya kamar mandi di dalem, TV, AC, cuci baju tiap hari – dan langsung dibalikin dalam sehari, mungkin karena di luar panas banget jemuran jadi cepet kering – dan kamar diberesin! Alhamdulillah banget nemu kosan yang kayak gini, ditambah ibu kosnya baik banget.

Ini foto-foto kamar gw

Cukup nyaman buat beristirahat setelah seharian kerja😀. Dan bagian terbaik dari kamar udah diberesin adalah kita disambut oleh kamar yang sudah tertata rapih hehehe

3 thoughts on “Ngekos di Palembang

Leave a Reply

