How to spend your money

Artikel ini terinspirasi dari salah satu artikel di lifehacker😀. Jadi tadi ibu gw bilang ke gw, supaya gw ga terlalu pelit untuk diri sendiri. Irit tentu saja boleh, tapi mengeluarkan uang untuk kesenangan pribadi itu juga tentu sah-sah saja. Nah sekarang, kita punya uang dan sebagai manusia tentu saja keinginan kita gak akan ada habisnya. Maka dari sinilah tentu saja harus ada prioritas dalam mengeluarkan uang.

Ini trik yang gw dapet dari artikel tersebut: gunakan uang untuk membeli barang-barang di mana mayoritas aktifitas kita terkait dengan barang tersebut. Oke, sebagai contoh misalnya kita adalah orang yang suka jogging. Tiap pagi misalnya kita bisa jogging selama satu jam. Dalam hal ini, gak apa-apa apabila kita beli sepatu lari yang agak mahal (meskipun sejauh ini gw ga pernah nemu yang mahal banget). Dalam hal ini, misalnya kita beli sepatu seharga 700.000 pun gak apa-apa. Toh, misalnya kita konsisten jogging setiap hari, akan sama saja dengan kita membayar 2000 per hari selama setahun untuk bisa berlari dengan nyaman. Dan biasanya sepatu yang bagus mungkin akan lebih tahan lama.

Hal penting lainnya adalah: Tidur! Faktanya rata-rata kita menghabiskan seperempat-sepertiga hidup kita untuk tidur. Maka dari itu, membeli segala hal yang menunjang kenyamanan tidur kita adalah sah!

Mengeluarkan uang untuk hal-hal yang berkaitan dengan aktifitas yang paling sering kita lakukan lebih menguntungkan, karena secara tidak langsung itu akan menambah produktifitas kita. Mungkin akan lebih baik jika dibandingkan apabila misalnya kita beli benda-benda yang mahal tapi gak relevan, misalnya mobil sport, padahal kita tinggal di kota dengan kecepatan rata-rata gak sampai 20 km/jam.

On an unrelated note, I’m going to Palembang for work starting tomorrow.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s