Kerja Malam

Gak tau apakah ini berlaku buat semua engineer, tapi ada satu hal yang ingin gw sorot apabila kalian bekerja sebagai engineer di bidang telco. Yaitu adanya kerja malam. Oh ya yang gw maksud di sini bukan berarti shift malam atau lembur karena ada pekerjaan yang belum selesai, tapi pekerjaan yang memang dilakukan malam-malam.

Jadi kenapa bisa ada pekerjaan seperti ini? Secara umum kita tahu bahwa ada jam-jam di mana traffic telekomunikasi akan tinggi, dan ada jam-jam di mana hampir tidak ada traffic dan hanya akan terdapat segelintir user yang menggunakan jaringan. Biasanya pekerjaan yang dilakukan pada malam hari adalah pekerjaan yang memiliki impact terhadap ketersediaan layanan telekomunikasi dari operator, di mana biasanya jaringan tidak dapat digunakan.

Sebagai contoh, dari sisi BSS/RAN ada beberapa pekerjaan yang mengakibatkan BTS berhenti beroperasi sementara. Di antaranya misalnya apabila kita upgrade software sehingga BTS nya harus restart (gak cuma Windows yang butuh restart!), migrasi sistem transmisi, rehoming, ataupun swap perlengkapan BTS. Apabila kegiatan ini dilakukan siang-siang, gak kebayang kan jumlah user yang bakal ngamuk lantaran gak bisa nelpon? Kalau dilakukan malam-malam ya paling ganggu orang-orang yang lagi pacaran😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s