Antara promo dengan terms and conditions

Yep, buat mereka yang sudah punya credit card dan sedang kepikiran untuk makan di restoran yang agak mewah, pasti bakalan ketemu sama yang namanya promo. Dengan menggunakan kartu kredit x, maka kalian bisa mendapatkan diskon hingga sekian persen. Persenan yang ditawarkan pun macam-macam, ada yang dari sekitar 10%, tapi ada juga yang hingga 50% alias setengah harga! Sungguh lumayan bukan? Nah tapi ini ada sedikit saran dari gw sebelom kalian akhirnya duduk dan menuliskan pesanan kalian – yang berarti jalur untuk kabur dari restoran itu sudah tertutup.

Sebelum pesanan di posting, ada satu hal yang harus diperhatikan: terms & conditions! Yap, ini! Terms & conditions! Hal inilah yang menjadi perhatian apabila kalian akan mencoba untuk memanfaatkan fasilitas diskon yang diberikan. Perlu diingat, bahwa meskipun restoran sudah menawarkan diskon yang wah, tapi apabila saat makan ternyata terms & conditions nya tidak sesuai, maka diskonnya bisa-bisa gak jadi. Walhasil, bayar penuh.

Beberapa yang perlu diperhatikan:

  1. Apakah diskonnya berlaku untuk makanan dan minuman atau makanan aja? Mengingat beberapa minuman jatuhnya hampir sama dengan makanan, ini perlu diperhatikan.
  2. Pembelian minimum! Ini dia, beberapa hari yang lalu gw dapet pengalaman mengesalkan mengenai pembelian minimum. Si mbak-mbak restoran nawarin ke gw promo dengan menggunakan kartu kredit tertentu, tapi dia ga bilang apa-apa soal syaratnya. Daan, setelah gw duduk dan makan makanan yang gak enak dengan pelayanan yang gak memuaskan, juga dengan makanan yang harganya overpriced, gw minta bill sambil mengeluarkan kartu. Dan ternyata ada minimum pembelian yang baru dikasih tau si mbak pas udah mau bayar dong dong dong. Dan si restoran sialan gak bisa debit BCA (curcol). Akibatnya diskon ga dapet, ditambah makanannya gak enak. Pengalaman yang lumayan pahit, meskipun akhirnya gw jadi aware untuk selalu nanyain pembelian minimum tiap ngeliat promo.
  3. Jam berlaku. Nah ini juga lumayan penting. Bisa jadi suatu promo hanya berlaku pada waktu-waktu tertentu, yang biasanya dipilih pada waktu misalnya bukan weekend, atau pada jam-jam yang bukan jam makan seperti pagi hari atau setelah waktu lunch. Meskipun kemaren gw liat ada yang bangke juga sih promonya cuma berlaku antara jam 12 sampai jam 4 selama bulan Agustus. Which is bulan puasa.

Sekian tips dari gw, manage your money wisely, and with a credit card comes great responsibility.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s