Kekecewaan

Yang namanya kecewa itu, adalah ketika kita membiarkan orang lain menentukan keputusan yang penting dalam hidup kita buat kita. Karena toh yang harus menanggung hasil dari keputusan itu nantinya adalah kita juga. Tapi ini pengalaman saya, saya udah beberapa kali membiarkan keputusan-keputusan penting dalam hidup saya terlalu dipengaruhi oleh orang lain, meskipun memang orang itu dekat dengan saya. Tapi tetep aja, pasti dari kejadian ini ada kekecewaan yang datang, karena apa yang sekarang sedang dijalani adalah produk dari keputusan orang lain. Seandainya apa yang saya lakukan saaat ini adalah hasil dari pengambilan keputusan saya sendiri, saya gak akan sekecewa sekarang, karena saya yakin saya akan bangga dengan apapun yang saya lakukan berdasarkan keputusan yang saya ambil.

Pesan buat siapapun yang membaca tulisan ini: jangan biarkan orang lain membuat keputusan buat kalian. Memberi masukan boleh, tapi jangan sampai keputusan sepenuhnya dibuat oleh orang lain. Karena gak peduli seberapa pedulinya orang lain terhadap kalian, atau dengan dalih ingin yang terbaik buat kalian, kalian yang paling mengerti tentang apa yang kalian inginkan dan yang menjalani hidup kalian ya kalian sendiri, bukan orang yang ‘care banget’ sama kalian itu. Your life is your own, live it as you see fit.

Leave a Reply

