Belajar startup

Setelah ngobrol dengan salah satu temen gw via YM beberapa saat yang lalu, gw mulai menaruh perhatian lebih kepada gerakan-gerakan startup yang mulai bermunculan. Beberapa temen gw ada yang memulai usahanya sendiri, mencoba menawarkan beberapa bentuk layanan yang unik. Dan juga, mungkin seperti apa yang dikatakan oleh Pak Budi Rahardjo, yang idealnya ya dari penelitian dan apa yang telah dipelajari oleh mahasiswa selama di kampus salah satunya ya bisa dihasilkan startup.

Hmm pertanyaannya, seberapa jauh ya ITB sudah memfasilitasi mahasiswa dalam startup ini? Memang sih sejauh pemahaman gw udah ada kegiatan misalnya ITB Entrepreneur Challenge, seminar-seminar, dan serangkaian kegiatan lainnya (yang gw kurang paham berhubung emang selama kuliah gak berkecimpung di situ hehe). Nah, tapi kalau dalam ruang kuliah sendiri sebenarnya seberapa jauh kita udah disiapkan?

Gw inget, gw pernah ngambil salah satu kelas yang berjudul kewirausahaan dengan maksud ngisi SKS dengan tambahan dapet ilmu (antara tambahan sama tujuan utama kebalik kayaknya), dan jujur aja kelas kewirus yang gw ikutin agak mengecewakan. Well, selama di kelas biasanya cuma diajari intrik-intrik untuk berurusan dengan warga setempat atau pemerintah, misalnya nyogok de el el (yang mungkin agak kurang tepat disampaikan juga di kalangan akademisi). Mungkin emang pas di dunia nyata ketemu sih ya, tapi kok gak diajarin cara untuk dapetin investor, masalah aset, equity, dll? Dan kalo denger dari cerita temen gw yang sedang exchange di NUS, kayaknya course nya malah dahsyat banget di mana dia bisa debat masalah startup sama profesor?

Hmm memang sih ada pendapat yang mengatakan bahwa selama ini sistem kuliah kita ya intinya cuma transfer ilmu ke mahasiswa supaya si mahasiswa nantinya bisa jadi employee. Namun sayangnya skill entrepreneur kita kurang digeber selama perkuliahan, sehingga mungkin masih sedikit mahasiswa yang setelah lulus kemudian bisa bikin startup.

Leave a Reply

