Volunteering Platform?

Hmm, ini dimulai dari ketika gw melihat beberapa teman gw membuat semacam platform untuk menyalurkan funding bagi proyek-proyek (buat yang penasaran liat chordeo). Kalo ga salah ini mirip dengan kickstarter yang sudah ada, di mana orang bisa memberikan bantuan dana untuk berbagai macam proyek, dan kemudian sebagai imbalannya mereka bisa mendapatkan berbagai balasan dari pihak proyek – mulai dari merchandise sampai muncul di credit.

Ini emang sebuah ide yang bagus, di mana proyek-proyek independen bisa mendapatkan funding, dan masyarakat merasa bisa berpartisipasi dengan proyek yang mereka sukai. Tapi bagaimana dengan orang-orang kayak gw? Memang gw pengen memberikan funding kepada proyek yang gw sukai, tapi di satu sisi mungkin gw ingin berkontribusi lebih, misalnya sebagai volunteer untuk proyek yang memiliki nilai sosial. Singkat kata, gw ga pengen weekend gw cuma menjadi semacam pelepasan penat dari kerja Senin – Jumat. Gw pengen punya kegiatan berbau sosial yang bisa membantu orang lain. Tapi cari ke mana?

Well ini cuma usul, tapi gimana misalnya ada website yang membantu volunteer untuk menemukan proyek yang menarik buat mereka? Mirip dengan proyek funding, cuma yang diberikan di sini adalah tenaga. Misalnya, untuk proyek Palapa dari HME memang pasti ada orang-orang yang ingin menyumbang, tapi kalau ada akses dari luar pasti banyak juga orang yang tertarik untuk merasakan ke pedesaan dan memasang jaringan listrik untuk membantu masyarakat desa. Masalahnya cuma kembali ke tadi: di mana mencari proyek seperti itu? Just a thought.

Leave a Reply

