Fun With GNU Radio

Eh okayy, jadi sekali-sekali naro postingan tentang telekomunikasi di sini. Meskipun kemungkinan besar postingan ini bukan sesuatu yang bersifat praktis dan mungkin akan lebih menarik kalau dibaca oleh anak-anak elektro ataupun siapapun yang punya hobi di bidang radio. Postingan ini juga terkait erat dengan TA gw, jadi ya mangga aja dibaca kalau pensaran sebenernya apa yang gw kerjakan. Jadi, apa itu GNU radio? GNU radio adalah perangkat software yang bisa digunakan untuk membuat sebuah software-defined radio. Jadi apa itu software defined radio? Software defined radio adalah radio yang bagian signal processingnya dijalankan secara software. Jadi sebagai ilustrasi adalah seperti ini:

Ini adalah sebuah kit transmitter dan receiver fm (tapi untuk aplikasi praktikum)

Maka dengan menggunakan GNU radio, kita bisa membuatnya dalam bentuk seperti ini:

Kelihatan simple kan? Lalu setelah didesain bagaimana mengimplementasikannya? Nah di sinilah digunakan hardware yang disebut dengan USRP. USRP ini menyediakan kapabilitas FPGA untuk mentranslasikan sinyal ke frekuensi RF dan melakukan transmit + receive.

USRP

Untuk TA gw, gw menggunakan hardare USRP tipe N210. FYI hardware ini sudah ada di lab LTRGM dan sedang digunakan untuk riset perancangan radar.

Jadi, secara garis besar ada tiga hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah software-defined radio. Yang pertama adalah komputer host. Komputer ini digunakan untuk menjalankan software GNU radio dan seluruh signal processing dilakukan di komputer ini. Hardware kedua adalah USRP. Komputer akan mengirimkan data yang ingin dikirimkan ke USRP, dan USRP akan mengirimkan data yang diterimanya ke komputer. Dan, hardware yang ketiga tentu saja adalah antena (+penguat) untuk mengirimkan gelombang elektromagnetik ke udara.

IMO, GNU radio ini sangat powerful dan berguna terutama untuk kepentingan research ataupun pendidikan. Pasalnya, sejauh ini banyak aplikasi yang bisa dibuat dengan menggunakan GNU Radio. Dengan sedikit googling, bisa dilihat bahwa beberapa orang menggunakan GNU radio untuk berbagai hal, mulai dari akuisisi data GPS, transmitter DVB, komunikasi data, perancangan wimax, radar (buat gw), dan bahkan untuk membuat sebuah BTS. Singkat kata, semua aplikasi yang berkaitan dengan radio bisa dibuat dengan menggunakan perangkat ini. Jadi, buat anak telkom yang pengen belajar lebih coba saja izin ke Pak Andriyan kalau mau research tentang ini.

Buat yang tertarik menggunakan ini, gw sarankan menggunakan linux saja karena lebih simpel. Komponen yang perlu diinstall adalah:

  • GNU Radio
  • Universal Hardware Driver (UHD)

UHD diperlukan untuk USRP2 – kalau mau pakai yang di radar pasti butuh UHD. Oh dan yang di lab radar harus pakai gigabit ethernet, jadi kalau ethernetnya gak gigabit sampai nangis darah juga ga bakal nyambung. Disarankan menggunakan master branch dari git untuk instalasi keduanya untuk mendapatkan update terbaru. Dan satu pesan lagi, gw gak bilang ngoprek ini akan mudah – terutama karena gak ada dokumentasi yang terstruktur. Tapi ngoprek ini akan worth it🙂

Hope this helps, or at least inspire you!

-demi pertelekomunikasian indonesia yang gentleman and brave

5 thoughts on “Fun With GNU Radio

  1. salam bro, kebetulan TA gw juga berhubungan erat sama postingan lo, SDR, FM, GNU…
    gw masih sangat awam masalah tema TA gw ini, kalo boleh, gw mau minta sharingnya dari pengalaman lo, boleh minta nomer kontaknya? thanks🙂

    regards

    1. wah maaf banget tapi sejak kelar TA udah hampir ga pernah lagi nyentuh SDR selama 2 tahun, jadi kemungkinan udah blank banget. Dan kata temen sekarang USRP udah ga nyambung ke GNU Radio tapi ke Labview kalo ga salah, jadi mungkin udah banyak banget yang berubah

      1. ohh, gitu yaa…

        iaa sih, yang namanya teknologi, pasti perkembangannya itu pesat banget, kalo nyambung sih masih bisa kayanya, cuma mungkin kekurangan2nya sudah bisa diupgrade pake cara lain kali yaa, hhe

        ok dehh bro, thanks yaa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s