Sync di Microsoft Windows dengan menggunakan Syncytoy

Dalam bekerja, gw menggunakan sebuah desktop dan sebuah laptop. Gw menggunakan keduanya secara bergantian untuk produktivitas, desktop saat di kosan dan laptop saat di kampus. Yang perlu diperhatikan sekarang adalah bagaimana caranya supaya gw bisa mengerjakan file yang sama baik di desktop maupun di laptop tanpa harus bolak-balik memindahkan file dengan flashdisk atau media portable lainnya? Untuk file-file berupa file ofice dan script matlab bisa gw handle dengan menggunakan dropbox untuk sinkronisasi. Sekarang, bagaimana dengan koleksi file musik gw yang berukuran lumayan besar?

Dropbox tentu tidak bisa digunakan karena limit 2 GB yang ada. External Hardisk bisa menjadi pilihan, namun penggunaan HD eksternal mengakibatkan perlunya transfer data dua kali, dari desktop ke hardisk dan baru dari hardisk ke laptop. Tentunya ini menjadikan transfer file tidak efisien. Cara yang kedua adalah dengan membuat koneksi lokal antara desktop dengan laptop. Ini adalah cara yang paling cepat, karena transfer file dilakukan langsung.

Nah, problem yang gw hadapi adalah ini: seringkali gw mendownload file musik di laptop saat sedang berada di kampus, dan sering juga gw mendownoad file di desktop saat sedang berada di kosan. Gimana cara memilah-milah file yang baru gw download dari ribuan file lainnya, supaya kedua folder musik memiliki isi yang sama? Tentu saja gwbisa langsung copas dan menolak untuk overwrite file, tapi apabila ada file baru di desktop dan laptop sekaligus, cara ini harus dilakukan dua kali. Karena itula, gw menggunakan synctoy untuk sinkronisasi folder.

Synctoy merupakan sebuah software gratis yang dirilis oleh Microsoft untuk windows XP ke atas. Synctoy bisa digunakan untuk sinkronisasi dua folder, baik itu dalam komputer yang sama, pada hardisk eskternal, maupun pada komputer lain dalam network. Hal inilah yang menjadikan synctoy cocok digunakan untuk backup file, maupun untuk sinkronisasi antara dua folder yang berbeda. Synctoy bisa digunakan dalam mode sinkronisasi maupun dalam mode di mana satu folder mengoverwrite folder lainnya. Synctoy bisa didownload dari situs resmi Microsoft. Sejauh ini, gw cukup puas dengan synctoy, dan gw berhasil menggunakannya untuk sinkronisasi folder musik sebesar 20 GB antara dua komputer tanpa banyak pusing.

Leave a Reply

