Hari Terkelam Umat Manusia

Akhirnya tiba juga hari yang gua takutkan selama ini. Hari yang menjadi salah satu hari terburuk sepanjang sejarah gua menjadi seorang konsumen dunia internet. Ya, ini hari yang gua tau pasti akan datang sejak pemberitahuan dua minggu yang lalu. Hari di mana Onemanga tidak lagi menyajikan mangascan secara online.

Sungguh suatu kehilangan yang luar biasa bagi seorang penikmat baca manga online seperti gua. Hilangnya onemanga hanyalah satu dari serentetan peristiwa penutupan situs-situs mangascan. Kejadian ini hanyalah salah satu efek dari gerakan di mana para penerbit manga, baik Jepang maupun terjemahannya, mulai mengambil sikap keras terhadap kehadiran dari mangascan. Mangahelpers, salah satu situs lain yang juga melakukan hosting mangascan, juga terkena imbasnya.

Ah sungguh, gua selama ini didoktrin bahwa kapitalisme itu jahat, tapi baru kali ini gua merasakan imbasnya secara langsung. Sungguh, Onemanga, gua ga akan melupakan jasa-jasa lo menemani hari-hari gabut gua baik di perkuliahan maupun selama KP di Indosat. Sungguh, Onemanga, lo mengenalkan kepada gua berbagai macam judul manga yang gua bahkan ga tau tadinya ada.  Lo membuat gua menyukai komik dengan genre seinen, dan kembali percaya bahwa ada harapan di masa depan.

R.I.P Onemanga

-ditulis dengan sangat kesal karena saat mengklik update gamble fish di onemanga, ternyata sudah tidak ada

2 thoughts on “Hari Terkelam Umat Manusia

  1. sabar yaaa dit…🙂

    walaupun ga begitu penting untuk gw, tapi agak kesel juga sih karena waktu itu blom selesai baca sailormoon-nya😦

Leave a Reply

