It’s Not the Destination That Matters. It’s the Journey

Agak aneh, tapi gua benar-benar merasakan hal ini bukan ketika terjadi hal yang istimewa kepada gua. Gua menyadari hal ini ketika gua gagal ngoprek langsung berhasil. Yak, tepatnya gua gagal rooting Spica sekali jadi😛

Buat yang gak ngerti android, mohon maap yak soalnya bagian ini bakalan teknis banget. Jadi, menurut guide ini melakukan rooting di Spica adalah sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan. Dan dengan sotoynya sebagai seorang engineer muda, gua kemudian langsung terjun dan mencobanya, dengan bagian paling bodoh adalah tidak membuat backup. Walhasil, ternyata ada perbedaan antara firmware yang digunakan oleh penulis guide tersebut dengan firmware di Spica gua, yang mengakibatkan Spica tidak bisa digunakan.

Kontan gua panik – meskipun gak terlalu panik karena masih ada HP gua satu lagi yang bekas belom dijual buat cadangan kalopun ternyata Spica gua harus nginep di tempat servis – dan langsung memohon-mohon kepada mbah gugel tentang apa yang harus dilakukan. Akhirnya gua pun mencoba flash ulang firmware dan ganti ke firmware JF5 – ini gua bego ngira makin gede huruf dan angkanya makin bagus. Sekali lagi gua ceroboh, dan hp gua menunjukkan layar error. Gua sampe lari keluar kamar jambak-jambak kepala karena ngira Spica gua udah bricked (ga bisa dipake lagi). Sambil panik kali ini udah setengah nyekek mbah gugel, gw nyari kondisi hape gua. Ternyata masih bisa diakalin.

Jadilah gua mengganti firmware android gua.. dan ternyata firmware yang gua pake adalah firmware Canada buat HP yang bundling sama rogers telecom. Jadilah hape gua menawarkan gua buat menggunakan bahasa Perancis 0_o (di Kanada Bahasa Perancis juga digunakan)

Rogers Telecom

Dan hape gua kelihatannya merasa dirinya jadi bule dengan menampilkan logo rogers saat nyala dan mati. Akhirnya setelah beberapa kali mencoba, gua menemukan firmware yang tepat adalah JD1, dan berhasil ngeroot.

Jadi apa yang bisa diambil dari cerita gua di atas? Yah, gua rasa kalo di awal-awal gua langsung berhasil, gua gak akan belajar cara ngeflash hape buat ganti firmware. Gua bakal cuman tau apa yang dituliskan di tutorial yang gua temukan tanpa mengetahui sebenernya gua ngapain.

Namun, dengan sempat menemui kebuntuan dan frustrasi, serta mencoba mencari jalan keluarnya, gua justru belajar banyak hal. Gua akhirnya malah dapet ilmu-ilmu tambahan soal mengoprek android dalam proses rooting yang akhirnya berputar-putar ini. Akhirnya gua kembali lagi mengingat betapa asiknya mengoprek, yaitu apabila kita menemui kebuntuan kemudian kita berupaya keras mencari solusinya, dan selama mencari itu kita mendapat ilmu-ilmu yang kita sebelumnya tidak tahu ada, dan akhirnya kepuasan yang didapatkan pada saat berhasil mengoprek menjadi luar biasa.

Begitu juga hidup. Seringkali kita tidak langsung mendapatkan apa yang kita igninkan, tapi mungkin oleh Tuhan kita diputar-putar terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapatkan apa yang kita inginkan. Mungkin banyak dari kita yang mengeluh mengapa Tuhan tidak membantu kita langsung mendapatkan apa yang kita tuju, tapi membuatnya jadi lebih sulit. Jawabannya kurang lebih sama dengan mengoprek yang gua katakan. Karena dalam proses pencapaian tujuan yang dipersulit itu, kita akan mengalami banyak kesulitan-kesulitan yang membantu kita untuk tumbuh, sampai pada akhirnya kita cukup matang sehingga pencapaian tujuan awal kita akan menjadi terasa sangat manis. Jadi, kalau sama Tuhan diputer-puter dulu, bersyukurlah🙂

Mungkin itu juga alasan mengapa gua gak dapet beasiswa ke Jepang. Menurut Tuhan di sini masih ada hal-hal yang masih bisa gua jadikan pelajaran, dan mungkin suatu hari saat semua yang ada di sini telah gua resapi, gua akan bisa pergi ke sana🙂

-ditulis waktu senang Spicanya berhasil di-rooted

Leave a Reply

