Apakah Ini Dihitung Berkhianat? Who Knows

Ada apa ini Aditya Prabaswara ngomongin pengkhianatan? Apakah dia mau kudeta terhadap negara? Tergantung sih, kita melihat ke mana. Jadi begini, ada orang yang memandang bersikap nasionalis itu tuh berarti mengabdi sepenuhnya pada negara. Kerja harus buat negara, demi kelangsungan negara, mengembangkan diri juga harus di sini supaya nantinya bisa bermanfaat buat negara. Yah, kalau pandangan nasionalisnya kayak gini sih, gua bisa dicap berniat melakukan pengkhianatan terhadap negara. Toh gua udah mendeklarasikanbakal (Insya Allah) kuliah S2 dan kerja di luar negeri. Bahkan orangtua gua udah mewanti-wanti gua supaya keluar ke luar negeri sehingga bakat gua gak membusuk.

Yah, memang sih negara ini entah urutan keberapa dalam mendanai kegiatan R&D dan mungkin gua akan jadi pegawai kantoran yang kerja di belakang meja kalau gua tetap di sini. Mungkin benar, secara sebagian gua adalah pengkhianat apabila pergi meninggalkan negeri ini untuk berkarya di luar. Tapi gini, sekarang gua kasih pembenaran atas tindakan gua kalau ada yang menganggap ini tidak benar:

  1. Asumsi beneran ini suatu pengkhianatan terhadap NKRI yang telah membiayai kuliah gua di ITB. Namun, gua juga pertanggungjawaban terhadap Tuhan yang udah memberi gua karunia kelebihan dalam hal ilmu. Nah, sekarang pilihannya satu: pergi keluar, berkembang lebih jauh lagi, bawa kemajuan buat umat manusia (halah), dan mendapat ridha Allah. Atau tetap tinggal di Indonesia, gak jadi siapa-siapa, bakatnya tersia-sia, mubazir. Pasti Tuhan kesel kalo udah dikasih bekal tapi dibuang-buang.
  2. Kalau keluar negeri, terus sukses, dikenal sebagai orang Indonesia, apa nggak mengharumkan nama baik bangsa? Meskipun dibarengi resiko makin banyak orang yang berpikir, mendingan keluar aja daripada di Indonesia
  3. Yaudahlah gua entar bakal balik suatu hari buat membangun negeri, dumdurudumdum. Suatu hari lho! (mikir kejauhan, keluar aja belom)

Yak, sekian dari gua. Semoga tidak ada yang berpandangan sempit dengan mengatakan orang yang berkarya di negeri lain itu gak sayang sama tanah airnya.

-Ditulis hari Kamis, dijadwalkan keluar hari Jumat biar terkesan rajin nulis tiap hari

5 thoughts on “Apakah Ini Dihitung Berkhianat? Who Knows

  1. S2 ke luar negri bukan berkhianat, mau kerja di luar negeri di multinational company juga bukan berkhianat. mbwahahaha… (ketawa korup)

    poin-poin yang ente tulis udah bener banget, sepakat. selain itu, kita bisa promosi banyak hal ke orang luar negeri, seperti
    -promosi budaya indonesia
    -membuktikan bahwa banyak orang pinter di indonesia, jadi kalo mau rekrut orang ke indonesia aja.. hehehe
    -ataupun mengangkat citra indonesia di luar negeri

    1. wah bener2 les.. promosiin Indonesia kalo kita negara hebat!

      Kita hebat!

      Jual HP disini laku keras
      Jual Mobil disini laku keras
      Jual Motor disini laku keras
      Orangnya pinter2 buat diambil jadi tenaga kerja ke sana

      dan yang pasti pamor Indonesia akan meningkat!

  2. setudju did! baca negeri 5 menara kan? kan katanya Allah merintahin buat tuntut ilmu sejauh2nya. aku lupa sih hadist atau ayatnya apa tp katanya sih gitu.. kl masalah kontribusi ke negara sih ya cari2 cara aja, caranya kan gak saklek dgn kerja di sini ya

    1. Ah iya bener banget tuh negeri 5 menara, aku seneng banget di ceritanya ada pesantren yang berpikirnya progresif banget dan bisa mengantarkan santri2nya sampai jadi seperti itu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s