Deret Fourier

Hanya sebuah postingan kontemplatif, yang didapat setelah merenungkan bahwa kita bisa belajar banyak dari alam di sekitar kita.

Untuk mahasiswa teknik, tentunya sudah kenal betul dengan apa itu deret fourier. Bagi mahasiswa non teknik yang tidak tahu, deret fourier menyatakan bahwa fungsi apapun dapat dibentuk dengan menjumlahkan sebuah konstanta dengan fungsi sinus dan cosinus dalam jumlah yang tidak terhingga dengan amplituda dan frekuensi yang bervariasi.

Deret Fourier

Kalau kita pikirkan, sebenarnya hidup kita selama ini dibentuk oleh hal-hal dalam jumlah yang tidak terhingga banyaknya. Baik hal-hal kecil, maupun hal-hal besar, semuanya menumpuk dan membentuk kehidupan kita saat ini.

Kejadian besar yang paling berpengaruh dalam hidup kita dapat dianalogikan seperti konstanta dalam deret fourier yang paling berpengaruh kepada bentuk fungsi. Sementara, kejadian-kejadian kecil yang terjadi pada kita analog dengan sekumpulan sinus dan cosinus dalam jumlah tak terhingga, yang memberikan detail-detail halus dalam hidup kita.

Memang, kita tidak bisa meremehkan kejadian-kejadian kecil sehari-hari yang terjadi pada kita. Kalau gw ga daftar plurk, mungkin gw ga akan sedeket ini sama temen2 gw sekarang. Kalau gw ga kebetulan tinggal lebih lama di kelas waktu tingkat 2, mungkin gw ga akan masuk PSTK dan jadi deket sama anak2 elektro PSTK. Kalau gol nya Lampard diitung, mungkin Inggris main lebih bagus dan yang menang bukan Jerman, dst.

Yahh, intinya kejadian-kejadian apapun yang terjadi pada kita, semuanya saling menjalin dan menjumlah seperti deret fourier, dan membentuk sebuah fungsi yang lebih besar, yaitu hidup kita.

-Ditulis saat KP di Indosat sambil menunggu pembimbing

3 thoughts on “Deret Fourier

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s