Pemakaian Lagu di Acara Televisi

Jadi, karena di Indosat gw duduk di depan TV dan gabut , gw mendapat kesempatan untuk memperhatikan serangkaian acara yang muncul di televisi. Yang menarik perhatian gw adalah lagu-lagu yang digunakan di acara-acara tersebut biasanya kalo gak lagu Depapepe, ternyata adalah lagu game.

Sebagai contoh, ternyata banyak lagu RPG yang digunakan sebagai background music untuk acara si Unyil. Tadi baru saja lagu dari Kingdom Hearts dan Chrono Cross digunakan, dan kalau tidak salah pernah juga digunakan lagu dari MMORPG yang sempat (apakah masih?) populer di Indonesia, yaitu Ragnarok online.

Sebenarnya gw agak bingung mengenai masalah ini, apakah penggunaan lagu-lagu tersebut untuk kepentingan acara komersil diizinkan? Hmm, kalau dari yang saya lihat sih sebenarnya ini melanggar hukum juga. Tapi yaa, mungkin Square Enix sengaja membiarkannya. Toh mungkin biaya untuk memproses kasus ini secara hukum bisa jadi lebih besar dari ganti rugi yang mungkin akan didapatkan😀

One thought on “Pemakaian Lagu di Acara Televisi

  1. Nggak boleh sembarangan pakek sebenernya, buktinya, ada temen saya, pakek lagu Depapepe untuk backsound videonya di youtube, langsung diblok videonya sama pihak youtube. Apalagi TV komersil yg notabene ditonton sejuta umat, kalo ketawan pihak managemen Depapepe pasti dituntut.

    Sebenernya banyak kok music yg dijual lisensinya untuk dipakai pada suatu produk, cuman tim kreatif TVnya aja yang males nyari. Tuh di vimeo buanyak.

Leave a Reply

