KP Indosat – SGI

SGI. Apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata itu? Ada hubungannya kah dengan Singapura? Ataukah ada hubungannya dengan SPG? (maksa)

SGI merupakan singkatan dari sentra gerbang internasional. Ini merupakan salah satu bagian dari divisi switched fixing center tempat gw melaksanakan kerja praktek secara gabut riang gembira, dan merupakan sebuah bagian yang vital dalam dunia pertelekomunikasian, dan mungkin juga dalam hubungan antar negara.

Hubungan antar negara? Lebay betul! Ah, tentu tidak lebay apabila gw mengatakannya seperti ini. Dalam hierarki, SGI merupakan bagian yang menghubungkan panggilan-panggilan internasional. Entah apakah itu dari Indonesia keluar, luar ke Indonesia, ataupun dari luar ke luar lagi dengan SGI Indonesia hanya sebagai tempat singgah.

Tuan besar SGI ini tidak melayani panggilan-panggilan ecek-ecek hanya seperti anda menelepon teman anda, atau mungkin anda menelepon ke sanak saudara anda di kota lain. Tidak, benda ini hanya melayani panggilan internasional. Maka tidak salah kalau segala tuntutan komplain dunia telephony dari pelanggan yang tidak ada hubungannya dengan panggilan internasional tidak digubris.

SGI ini sibuk. Ya, sibuk! Dia mengatur berbagai panggilan internasional dan mengawasi status dari seluruh hubungan trunk antar sentral yang terhubung dengannya. Ia mengatur bagaimana sebuah panggilan akan diteruskan dengan menggunakan rute yang diberikan kepadanya. Ia menjadi juru selamat dalam menentukan cara penerusan panggilan apabila terjadi kegagalan dalam sirkuit.

Ah, dan gw mendapatkan kehormatan untuk langsung mengendalikan SGI, yang terletak di Ancol dan Daan Mogot menggunakan sebuah program console. Sungguh, ini merupakan hal yang baru bagi saya. Bayangkan, gw meremote sebuah mesin yang bertanggung jawab atas kemashlahatan panggilan internasional dari Indonesia – meskipun baik Telkom dan Bakrie juga memiliki SGI – dan kesalahan yang gw lakukan mungkin dapat berakibat fatal.

Masuk ke dalam switch ini, ternyata kita mengatur semuanya dengan menggunakan command line. Hmm, ini merupakan bentuk command yang benar-benar baru. Ada dua mode, yang pertama dengan menggunakan command-command yang sedikit lebih manusiawi, mirip dengan Unix. Dan yang kedua adalah dengan menggunakan command-command berbentuk angka-angka, yang tentunya cukup sulit untuk dihafalkan (entah kenapa Ina lumayan hafal).

Dari sini, tentunya kita bisa melakukan banyak hal. Apa yang gw coba untuk lakukan kemarin adalah untuk melihat bagaimana panggilan internasional dirutekan. Dengan mengetahui indeks dari siapa yang melakukan panggilan, dan ke mana tujuan dari panggilan ini, kita mendapatkan penomoran trunk yang menunjukkan bagaimana switch menangani panggilan tersebut. Ah, dan bagian yang menarik adalah, begitu kita tahu bagaimana meneruskan panggilan, kita dapat melakukan pendudukan sirkuit melalui serangkaian command, yang memungkinkan kita melakukan panggilan internasional dengan gratis. Sungguh, ini cara yang efisien untuk menelepon pacar yang beda negara melakukan pengetesan apakah sebuah sirkuit sehat atau tidak.

Dan hari ini pun, saya belajar mengenai bagaimana console ini dapat digunakan untuk mengecek kesehatan dari kabel iwan E1 yang terhubung dengan switch. Kita dapat melihat status dari setiap sirkuit yang ada, dan bahkan kita dapat mengecek secara langsung apakah sirkuit tersebut benar-benar digunakan atau tidak dengan cara nguping omongan orang mengecek jalur voice yang melalui sirkuit tersebut menggunakan telepon.

Sekian laporan saya hingga siang hari ini, semoga ilmu yang saya dapatkan di sini semakin banyak, sehingga saya bisa membaginya dengan anda-anda semua di luar sana

7 thoughts on “KP Indosat – SGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s