Listening to Bossa Nova

like the bossa nova, love should swing

Kata-kata di atas merupakan penggalan dari sebuah lirik lagu Bossa berjudul Desafinando yang ada di playlist gw. Hmm, akhir-akhir ini kelihatannya mendengarkan lagu-lagu bergenre Bossa menjadi salah satu bagian dari keseharian gw. Yah, kalau ditanya kenapa gw tiba-tiba menjadi salah satu fans dari tipe lagu semacam ini, maka jawabannya adalah karena genre Bossa menjanjikan irama yang menyenangkan, dan seperti kata-kata di atas, it swings.

Sedikit sejarah mengenai Bossa Nova yang gw kutip dari wikipedia, Bossa Nova merupakan salah satu tipe musik yang berasal dari Brazil, dengan perpaduan antara Jazz dan Samba. Dari segi alat musik, Bossa dimainkan dengan menggunakan gitar, piano, drum, dan perkusi. Secara struktural sendiri, inti dari Bossa adalah Samba. Musik bossa memberikan feeling yang berbeda dengan musik Jazz, di mana feel dari Bosa lebih ke aray ‘sway’, sementara Jazz lebih ke arah ‘swing’. Oh, dan ini adalah sekumpulan fakta yang didapatkan dari wikipedia, jadi apabila gw salah mohon maaf :p.

Sebagian besar playlist lagu Bossa gw adalah cover dari lagu-lagu populer yang ada, dimainkan kembali dengan irama samba yang berbau latin. Mulai dari lagu-lagu yang sudah lama ada seperti ‘Just the Two of Us’ hingga lagu-lagu baru seperti ‘Bleeding Love’ ada di dalam playlist Bossa saya. Pada umumnya, aransemen ulang ini menghasilkan lagu-lagu dengan feel yang berbeda dengan aslinya dan memberikan perasaan nyaman sehingga kita akan mendapatkan perasaan bahwa lagu-lagu ini merupakan pengiring yang cocok untuk diputar pada saat kita sedang bersantai ditemani secangkir kopi.

Meskipun banyak lagu yang cocok untuk diubah menjadi lagu dengan irama Bossa, menurut gw tetap saja ada lagu-lagu yang sebaiknya tidak diubah – meskipun hal ini bergantung kepada bagaimana lagu itu diubah, karena sejauh ini gw udah menemukan lagu yang sama diubah menjadi bossa dalam dua versi yang berbeda dan keduanya memberikan feel yang berbeda. Hmm, meskipun begitu ini tetap saja merupakan salah satu genre lagu yang ‘tidak akan rugi untuk didengarkan’ (terutama buat orang-orang santai seperti gw), dan gw masih berusaha mengumpulkan lebih banyak koleksi Bossa. Semoga FTP ITB bisa membantu, haha😀

One thought on “Listening to Bossa Nova

  1. mas kl tidak keberatan bagi dong koleksi musik Bossanovanya, saya sudah punya yang Bossanova jawa tp blm komlpit sih… sebelumnya terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s