ZFS + Jail di FreeBSD 8.0 part 1

Aslinya kerjaan suruhan Mas Firman di Labtek VIII, tapi berhubung ternyata berguna juga, dishare di sini aja😀. Ini adalah sistem jail yang menggabungkan teknik penggunaan filesystem ZFS dengan teknik pembuatan service jail menggunakan skeleton. Konon, saya disuruh bikin jail dengan cara ini karena sistem di Labtek VIII ITB kayak gini. Kelebihan dari sistem ini adalah dapat dibuat banyak jail yang masing-masing mempunyai fungsionalitas tersendiri dengan memakan lebih sedikit freespace (penggunaan template) dan juga fleksibilitas dalam penduplikasian dan backup jail (dengan menggunakan ZFS). Oh ya, mungkin akan lebih gampang jika digunakan framework untuk jail seperti ezjail, namun karena belum sempat saya explore, jadi kita pakai cara ini dulu saja😀

More after the break

1. Membuat partisi ZFS

Yang pertama harus kita siapkan adalah filesystem ZFS sendiri. Untuk FreeBSD 8.0, ZFS sudah dapat digunakan sejak awal. Agar kita dapat membuat partisi ZFS, maka pada saat instalasi, ada bagian yang harus diubah, yaitu pada saat pelabelan/pembuatan mountpoint. Yang perlu dibuat adalah:

a. Swap

b. Partisi untuk instalasi FreeBSD. Bisa digunakan auto untuk mempermudah pelabelan, atau bisa juga cukup buat satu partisi dengan mountpoint ‘/’

c. Partisi untuk ZFS. Buat satu partisi tanpa mountpoint, partisi ini akan kita ubah menjadi filesystem ZFS nanti.

Setelah selesai, lakukan instalasi seperti biasa. Selesai instalasi, setelah FreeBSD berjalan tambahkan baris berikut di /etc/rc.conf:

zfs_enable=”YES”

Kemudian ketikkan command berikut untuk membuat partisi ZFS

zpool create tank /dev/( nama device hasil partisi tanpa mountpoint)

zfs create tank/test1

Nama device yang kosong dapat dicek dengan menggunakan sysinstall. Zpool digunakan untuk membuat sebuah ZFS pool, yang kemudian akan dibagi2 lagi menjadi partisi zfs dengan command zfs create. Command zfs create tank/test1 membuat satu partisi di bawah pool tank. Nama-nama di atas dapat diganti lagi sesuai dengan kebutuhan.

Mengenai cara bikin jail nya sendiri akan dijelaskan di bagian berikutnya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s