Canaan

Okeh-okeh, karena saya udah janji waktu itu mau nulis review Canaan, ini dia animenya!

Kiri: Alphard. Kanan: Canaan (pun not intended)

  • Genre Adventure, Drama
  • Director Masahiro Ando
  • Writer Mari Okada
  • Studio PA Works
  • Original run July 4, 2009 – ongoing

Oke, jadi waktu saya denger bahwa konsep anime ini dibikin oleh Nasu Kinoko dari Type-moon, yang kebayang di kepala saya adalah bahwa anime ini:

  1. Ada sihirnya
  2. Mengandung unsur mitologi yang kental
  3. Ada vampirnya
  4. Mengandung unsur-unsur jaman pertengahan

Tapi, ternyata setelah ditonton, yang didapat adalah:

vlcsnap-2009-08-18-09h37m47s22

Opening. What? Guns!?

vlcsnap-2009-08-18-09h38m15s60Episode 1. Canaan nya berayun-ayun dan bawa pistol

vlcsnap-2009-08-18-09h39m05s37Episode 2 Lebih banyak lagi orang yang bawa pistol. Dan ya, saya pun berpendapat itu nama yang aneh.

vlcsnap-2009-08-18-09h39m52s7Episode 3 dor dor dor

vlcsnap-2009-08-18-09h40m14s226

Episode 4 more guns combined with fanservice

Apakah saya kecewa? Ga juga sih.. Bukan kecewa, tapi lebih tepatnya antara ekspektasi dengan apa yang didapat berbeda.

Oh dan sekarang masuk ke ceritanya! Jadi, seorang reporter bernama Maria Oosawa (ini sengaja apa enggak sih?) Pergi ke Shanghai untuk mencari berita yang menarik untuk diliput. Di sana, ia terlibat dalam konflik dan bertemu lagi dengan teman lamanya, Canaan,  yang langsung menyelamatkannya dengan cara menghajar beberapa orang dan menembakkan pistolnya kemana-mana. Dari sini cerita pun berlanjut, dengan menitikberatkan hubungan antara Maria dan Canaan, jati diri Canaan, dan upaya balas dendam Canaan. Euh… -_- jelas-jelas bukan sinopsis yang baik. Well, sebenernya ini juga karena saya baru nonton 4 episode, dan inti dari ceritanya sendiri masih bertebaran di sana dan sini secara sporadis, dan masih belum lengkap bagi saya untuk bisa melihat cerita ini secara keseluruhan.

Cerita inti yang sudah saya tangkap selama ini sih seperti ini:

  • Canaan bekerja untuk suatu organisasi, meskipun masih belum jelas.
  • Beberapa tahun yang lalu dalam timeline anime ini, ada serangan teroris dengan menggunakan virus mematikan. Orang-orang yang dijadikan sebagai kelinci percobaan virus ini mengalami mutasi, sehingga memiliki kemampuan yang melebihi manusia normal. Sampai episode 4 baru ditemukan beberapa orang seperti ini, dan katanya Canaan adalah salah satunya. Kemampuan Canaan sendiri yang sudah diperlihatkan sejauh ini adalah melihat emosi orang lain.
  • Canaan berupaya membalas dendam ke Alphard, karena Alphard membunuh orang yang merawat Canaan sejak insiden di suatu peperangan, di mana Canaan kehilangan keluarga dan tempat tinggalnya. Alphard sendiri adalah pemimpin dari Snake, yang masih belum jelas sebenarnya organisasi apakah ini.

Dari pendapat saya sendiri, untuk film ini saya beri nilai

  • Animasi : 4.5/5 . Gambarnya bagus, dan backgroundnya digambar dengan sangat baik. Adegan actionnya juga benar-benar seru! Sayang sepanjang seri ini sebagian besar kejadian terjadi di malam hari, sehingga didapat kesan suram. Oh, dan saa ga begitu suka adegan orang ketembak terus berdarah-darah.
  • Lagu: ga begitu mikirin sih. Ga begitu suka opening sama endingnya.
  • Cerita: 4/5. Sejauh ini masih berjalan dengan lambat, dan saya masih belum mendapatkan gambaran besar mengenai cerita intinya. Tapi kelihatannya apabila semua potongan puzzle yang ada sudah jatuh ke tempatnya, ini akan jadi anime dengan cerita yang sangat menarik.
  • Layak tonton: 4.5/5. Yep, tonton anime ini! Buat yang suka adegan action tembak-tembakan, anime ini akan sangat menghibur, tapi juga tidak mengorbankan segi cerita. Enak lah buat ditonton – meskipun saat ini saya lebih condong pengen nonton valkyria Chronicles

Semoga review nya membantu!

3 thoughts on “Canaan

  1. Jauh dari sterotype Nasu Kinoko…
    Gayanya kaya di darker than black…

    Lumayan bagus ga? Biasanya, adaptasi film-nya dari Type Moon ga sebagus game-nya. Kecuali Kara no Kyoukai.

    1. Ga tau sih berhubung gw sendiri ga main game yang jadi basisnya Canaan. Emang sih ngeliat FSN trus dibandingin sama game nya lumayan berantakan. Tapi kalo nonton Canaan sebagai satu anime sendiri yang terlepas dari gamenya menurut gw sih lumayan bagus lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s