Supaya hidup lebih hidup

Sudah pernah gw bahas kan, bahwa kalo kita terjebak dalam rutinitas, sehingga keseharian kita jadi terasa seperti sebuah program yang kerjanya diulang-ulang melulu, kita sudah sama saja dengan dalam kondisi mati? Well, ada dua cara untuk mengatasi hal ini.

  1. Cari kegiatan yang baru
  2. Kegiatan yang sudah ada saat ini lebih dihayati

Poin pertama gw rasa udah jelas. Kalau kita bosan dengan apa yang kita kerjakan selama ini, berarti sudah saatnya untuk mencoba mencari kegiatan baru, dengan tujuan agar kita terangsang dan mungkin memercikkan lagi api gairah kehidupan kita dengan berbagai macam hal baru yang sebelumnya tidak pernah kita lakukan.

Nah kalau yang kedua, contohnya begini. Anda disuruh cuci piring! Rata-rata orang pasti males. Ngapain cuci piring? Apalagi kalau kita disuruh cuci piring buat orang lain, misalnya di rumah. Halah, orang lain yang makan, kenapa kita yang mesti cuci piring? Cara berpikir seperti ini memang wajar-wajar saja, tapi tentunya lebih baik kalau kita memaknai kegiatan cuci piring seperti ini:

  • Kita punya cukup makanan, sehingga makanan bisa tersaji di atas piring kita dan kalau bukan karena hal ini, anda tentunya gak akan bisa cuci piring
  • Kita masih memiliki orang-orang yang kita sayangi sehingga kita bisa makan bareng, dan karena anda masih memiliki merekalah anda dapat mencuci beberapa piring sekaligus
  • Anda masih punya tempat tinggal, sehingga memungkinkan untuk berkumpul dan makan bersama, lalu mencuci piring itu.

Contoh di atas diambil dari “The Witch of Portobello” nya Paulo Coelho (karena memang berkesan). Mantap kan? Ternyata di balik kegiatan cuci piring, sebenarnya kita itu sangat beruntung. Nah apalagi kalau kuliah di ITB. Kalau kita mau mencari makna maupun seberapa beruntungnya kita kuliah di ITB, satu halaman blog ini pun tidak akan cukup….

Posted in UncategorizedTagged

One thought on “Supaya hidup lebih hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s