Transistor…?

Tau transistor? Benda yang kakinya ada tiga itu? Tau gunanya buat apa? Saya juga tadinya ndak tau tuh…
Tapi, setelah baca Sedra baru ngerti beberapa hal, bahwa transistor itu:

  1. Bisa buat switch
  2. Bisa buat amplifier
  3. Bisa bikin hancur nilai saya

Konfigurasi benda ini lumayan unik, salut saya sama yang bikin. Kok bisa kepikiran bikin benda kayak gini yah? Kalo saya mau tulis karakteristiknya, kira-kira mungkin butuh sekian ratus halaman, seperti di Sedra. Hemm ini baru puzzle aplikatif jadi makin yakin kalo elektro diperuntukkan buat orang-orang yang seneng teka-teki (tapi stres karena nilai ga ditanggung). Sebenernya saya juga masih ga dapet feeling klo transistor bisa jadi amplifier. Yang saya tau klo keluar soal, cari aja angka-angkanya, meskipun ga nyadar arti dari angka-angka tersebut.

Anywho, tugas praktikum kali ini adalah menggunakan transistor tersebut sebagai sebuah amplifier. Amplifier apaan? Tegangan masuk kecil keluar gede? Yeah, kurang lebih gitu lah. Tapi ini bukan barang ajaib yang bisa melanggar hukum kekekalan energi. Sebenernya, benda ini memperbesar sinyal yang masuk dengan cara membentuk sumber lain yang lebih besar sesuai dengan bentuk sinyal masukan. Jadi kayak arsitek ngasih rancangan maket ke kontraktor bangunan terus dibikinin bangunan benerannya mungkin?

Gampangnya sih sama saja kayak ampli gitar lah. Bunyinya sama cuman suaranya lebih keras kan (dengan asumsi ga dikasih efek macem-macem)? Nah sama lah kayak transistor. Bentuk sinyalnya sama, cuman amplitudonya lebih gede. Barang ajaib memang, padahal cuman memanfaatkan kimia plus otak-atik posisi input output di kakinya.

Ditulis karena muak mengerjakan laporan transistor

Posted in UncategorizedTagged

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s