Bikin forum en aggregator blog

Hemm, alkisah pada suatu hari sebelum ujian Elka, Aditya Prabaswara iseng memasukkan keyword IPB di search box sebuah situs tempat banyak terdapat software hasil crack. Dari situlah, ia mendapatkan sebuah CMS IPB yang baginya sudah cukup familier karena ia terbiasa ngerileks di ITB. Akhirnya, ia pun ketagihan dengan mengoprek forum tersebut di dalam localhost, yang berdampak pada hancurnya ujian elkanya di keesokan hari.

Sekian pengantar dari gw mengenai forum yang baru gw bikin :p. Pembuatan forum ini sebenernya wacananya udah sempet ada di milis ELMMVII, di mana ada beberapa orang yang menanyakan ke mana hilangnya forum. Berhubung akhirnya gw mendapatkan CMS forum IPB yang fiturnya lebih lengkap dibanding fitur yang ada pada forum sebelumnya (PHPBB), gw pun berinisiatif aja: kenapa ga gw bikin aja forum baru? Sekalian ngoprek gitu. Beberapa hari setelah meratapi UTS elka, gw pun menjatukan pilihan ke cmsindo untuk hosting web, tempat hosting ini gratis, dan kelihatannya sudah digunakan oleh EL 06 untuk hosting aggregator blog mereka.

Setelah instalasi forum yang biasa-biasa saja, gw pun melakukan posting pemberitahuan alamat forum angkatan yang baru (http://elmmvii.cmsindo.com). Beberapa orang menyambut positif forum buatan gw ini, jadi yah lanjut aja ganšŸ™‚. Buat moderator gw tunjuk Bang Syafiq si admin FTSL yang sakti itu, dan gw sendiri juga jadi admin merangkap moderator buat mengurus struktur forum.

Setelah berselang beberapa lama, ternyata forumnya masih lumayan sepi, yang ada hanya bung Eja futsal dan bung Dicky yang berlomba-lomba jadi top poster. Terus, terinspirasi dari angkatan atas, gw tambahin aja subdirectory aggregator sebagai aggregator blog anak2 EL 07.

Trus, ternyata masih ada yang complain karena alamat forumnya susah diinget! Yaudah, gw kasih aja alamat gretongan www.elmmvii.co.cc . Ohya sistem domain ini rada beda dari forum pertama, di mana gw cuman pake metode redirect yang mengakibatkan alamat di address bar ga berubah mengikuti directory tempat kita berada. Sekarang gw mengunakan metode domain parking supaya alamatnya bener, ga seperti sebelumnya yang alamatnya ga berubah itu -_-

Buat anak EL 07 yang pengen blognya diaggregasi langsung hubungin gw aja :p. alamat aggregator blog nya di http://www.elmmvii.co.cc/blog. Ditunggu kehadirannya!

2 thoughts on “Bikin forum en aggregator blog

  1. “yang berdampak pada hancurnya ujian elkanya di keesokan hari”
    bohong banget

    * apalah awa ini, cuma kaleng2 sahaja..

Leave a Reply

