Forum Rembug KM

Forum rembug – sebuah forum yang ditujukan untuk menjadi ajang diskusi massa kampus yang mewakili lembaganya masing-masing untuk menentukan nasib dari KM ITB dan step-step yang akan diambil demi perbaikan nasib kemahasiswaan terpusat. Dari forum ini, didapatkanlah sebuah suara bulat : massa kampus memilih untuk mempertahankan KM ITB… that’s that! diskusi yang mengikuti adalah serangkaian pengajuan pendapat mengenai apa yang harus dilakukan supaya KM jadi lebih baik – 3 jam mengajukan pendapat dan keputusan dapat dirangkum dalam satu kalimat : kongres harus diperbaiki dan diperkuat. Jadilah gw pulang jam satu malam dan langsung tidur tanpa mandi…..

Kalo mau detail hasil rapat sih minta orang lain yang lebih serius soal kemahasiswaan (karena setelah rapat ini gw jadi bertekad gak mau lagi ikut-ikutan politik kampus).

Supaya kesannya gw juga dapet sesuatu dari rapat ini, gw pun mencoba merumuskan suatu hal yang gw dapat! yaitu, tipe orang-orang yang hadir dalam rapat, jreng!

  1. Orang-orang yang kritis, punya sesuatu yang bisa dibicarakan, dan memang peduli terhadap kemahasiswaan terpusat. Orang-orang ini selalu berbicara relevan dengan topik yang sedang dibahas, beberapa berbicara dengan passion yang membara, argumen berbobot, dan seringkali mendapat tepuk tangan atau teriakan setuju dari forum (meskipun gw berharap forum lebih sering setuju supaya gw bisa pulang cepet). Sosok-sosok pemimpin masa depan yang karismatik
  2. Orang-orang yang karena orang lain ngomong, jadi merasa punya kewajiban buat ikutan ngomong. Kelihatannya lebih kepada ngomong supaya terlihat tidak diam saja. Biasanya omongannya kurang lebih sama dengan orang lain dengan sedikit perubahan SPOK pada kalimat atau pemakaian sinonim-sinonim dari kata-kata yang sudah diucapkan oleh orang-orang sebelumnya. Nothing new lah.. Orang-orang seperti ini mengakibatkan adanya plateau pada plot kemajuan rapat terhadap waktu karena omongan yang kalau dikompresi mungkin hanya  dapat sekian kilobyte. Sangat banyak terlihat saat unit harus ngomong.
  3. Orang-orang yang tidak tampil buat casciscus di depan orang banyak, tetapi memperhatikan dengan seksama forum yang sedang berlangsung. Biasanya ajang diskusi terjadi di antara beberapa dari mereka saja, dan hasilnya akan diwakili oleh golongan 1. Beberapa dari mereka bahkan memutuskan untuk menyimpan rapat-rapat opini mereka tentang diskusi ini bagi diri masing-masing saja. Golongan yang membantu kelancaran jalannya forum, tapi juga tidak termasuk golongan menyampah.
  4. Paling parah. Orang-orang yang ikut-ikutan pengen nonton forum/terseret. Antara orang-orang ini cuma pengen lihat forum untuk menambah pengalaman tanpa ada argumen yang ingin disampaikan, atau diseret kewajiban karena posisi tertentu yang didudukinya di lembaganya (baca:saya). Orang-orang ini lebih banyak diam saat forum, atau mencoba untuk mencari hiburan dengan cara YMan, dengerin musik, maupun SMSan dengan cewek seperti yang dilakukan YSI dari blog tetangga. Orang-orang ini pun tak putus-putusnya berdoa supaya forumnya cepat selesai sambil berjuang melawan rasa kantuk.

mohon maap kalo ada yang tersinggung :p

edit: ditambah satu golongan

2 thoughts on “Forum Rembug KM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s