Proyek Praktikum Sisdig, part 1

Seperti yang semua anak STEI ketahui, untuk praktikum 6 sistem digital para praktikan diharuskan untuk melakukan desain suatu rangkaian digital. Pilihan yang ada tidak dibatasi hanya pada apa yang ada di modul, tapi juga berbagai sistem lainnya yang kalo mau bikin sih sok aja.

Buat gw dan Dabz, karena TP modul 5 mengharuskan gw untuk membuat sebuah draft bagi apa yang akan kita buat di modul 6, secara spontan memilih untuk mengerjakan “Thunderbird TailLights” yang memang ada di modul – sebenernya ketulis “Thunderburd TailLights” tapi kalo kita liat di keyboard huruf u dan i kan sebelahan, jadi yaahhh…

Anywho, ini syarat-syarat desain thunderbird, langsung gw copas dari modulnya:

Thunderburd Thunderbird TailLights
Gunakan empat buah LED untuk setiap lampu belakang. Dua LED pada setiap sisi harus menyala ketika penggunaan malam(1 switch ditekan), Keempat LED pada setiap sisi harus menyala ketika rem diinjak(1 Push Button ditekan) dan Keempat LED harus menyala secara bergantian kearah luar pada sisi yang bersesuaian untuk sinyal belok kiri dan kanan(2 Switch). Jika rem aktif bersamaan dengan sinyal belok aktif, kedua pola akan muncul secara bergantian. Pada keadaan darurat(1 switch), kedelapan LED akan berkedip‐kedip dengan frekuensi yang dapat dilihat.

Kelihatannya menarik bukan?😛

Untuk menghemat waktu, kemaren gw mencoba untuk mendesain sedikit komponen-komponen yang nantinya akan digunakan untuk rangkaian ini waktu sedang latihan PSTK(sempet-sempetnya!). Komponen yang paling gampang buat didesain ya lampu sen nya itu…

sen

Block diagram buat lampu sen

Buat lampu sen ini digunakan state encoding metode one-hot encoding, berhubung kalo pake one-hot g usah pake logika banyak2(dari diagram di atas logika yang dipake dikit banget kan). Pas dicoba dengan menggunakan simulasi secara fungsional, lampu sen nya bisa nyala dari arah dalem ke luar. Blok ini bisa diimplementasikan baik untuk sen kiri maupun sen kanan, cukup ubah sambungan ke pin outputnya.

Setelah ini mungkin gw akan mendesain blok kontrolnya.

Posted in Uncategorized

One thought on “Proyek Praktikum Sisdig, part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s