Sharing Fastnet dengan menggunakan wireless.

Didasari akan kebutuhan gue untuk ber-internet ria di rumah dan persaingan ketat untuk menggunakan satu-satunya komputer di rumah yang terhubung dengan layanan fastnet, hari Sabtu gue memutuskan untuk membeli sebuah wireless router. Untungnya, bokap juga memang udah berniat untuk mensponsori pembelian wireless router ini karena dia juga pengen internet-an dari laptopnya. Maka, kemaren gue pun pergi ke Mal Ambassador yang terletak di daerah Kuningan. Setelah keliling-keliling dan browsing bersama bokap, pilihan pun jatuh kepada router wireless D-link tipe dir-300 yang gue beli seharga Rp 540.000

Sampai di rumah, gue pun langsung mencoba melakukan pemasangan. BTW gue lupa kabel modem gue tipe apa, tapi yang jelas standard – dikasih sama pihak Firstmedia.

Cara2 melakukannya:

  1. Ambil CD yang ada di dalam dus D-Link, masukkan ke dalam komputer, dan tunggu instruksi berikutnya. Ohya, pastikan komputer yang dimasukkan CD ini sudah terhubung ke internet dengan menggunakan cable modem yang akan kita gunakan nanti. Pilih opsi untuk melakukan instalasi router.
  2. Ikuti semua instruksi yang nanti muncul. Matikan cable modem anda, kemudian sambungkan kabel LAN dari yang tadinya menghubungkan cable modem anda dengan komputer jadi antara cable modem dengan router. Kabel Lan disambungkan dengan colokan yang ada tulisan internet nya. Komputer disambungkan ke router dengan menggunakan kabel lan ke colokan yang ada nomer 1 nya. BTW, kabel lan straight nya udah disediakan dari D-Link jadi g usah beli lagi(doh, g ada skrinsyut  kondisi aktual ini, lupa foto).
  3. Pastikan router selalu dalam keadaan non-aktif sampai step terakhir, di mana anda disuruh menyalakan router.
  4. Setelah mengikuti serangkaian instruksi ini, maka instalasi anda selesai! Horee
  5. Untuk menguji apakah instalasi sudah benar atau belum, buka 192.168.0.1 dengan menggunakan web browser dari komputer anda yang terhubung dengan router menggunakan LAN. Login dengan menggunakan user “admin” dan password dikosongkan (untuk model router lain liat dokumentasi sendiri). Pada kolom sebelah kiri akan ada tulisan apakah internet online atau offline.
  6. Kalau online, berarti setup internet sudah benar, dan g usah diotak-atik lagi! (gw nyoba clone mac address dan alhasil internetnya malah g jalan. Kalau ini terjadi, mac address default bisa diliat di dos nya D-link atau di bawahnya router).
  7. Sekarang coba wireless nya dengan menggunakan apapun yang punya wireless adapter. Kalau jalan, sekarang saatnya kita kembali ke 192.168.0.1 dan mengatur setting wireless. Tambahkan password untuk wireless (sebenarnya ini opsional, dan tidak usah dilakukan kalau anda sangat bermurah hati mau sharing koneksi internet anda dengan tetangga secara gratisan). Untuk set password, akan lebih mudah apabila anda memilih pilihan manual setup. Apabila kita menggunakan automatic, maka password yang kita tuliskan akan dienkripsi lagi menjadi kode ASCII sekian bit yang tidak manusiawi. Apabila kita menggunakan manual, maka kode yang kita tulis apa adanya akan dijadikan password untuk mengakses wireless. Di sini gue menggunakan WEP.

Selesai! Sekarang anda bisa sharing fastnet untuk satu keluarga! wew! BTW gue menggunakan paket yang cuman 100 ribu, jadi kecepatannya bisa turun ke taraf parah kalau misalnya ada yang buka youtube. Tapi kalau buat browsing santai sih lumayan lah. Kalau digunakan rame-rame dan semuanya sering buka konten multimedia, gue sarankan pakai paket yang lebih ganas.

Sekian, semoga posting ini membantu!
Catatan: kalo gue dah pulang lagi tar gue skrinsyut biar prosesnya lebih jelas.

2 thoughts on “Sharing Fastnet dengan menggunakan wireless.

  1. halo.gw juga mau beli modem wireless nh.mau nanya.kalo gw udah beli modem wireless.trus modem yang dari sana nya fastnet masih diperlukan gak ya?soalnya gw baru pasang nih.jadi kalo gak perlu gw bisa balikin ke dia.makasih ya.email jawabannya ke email gw ya.makasih banget loh.

Leave a Reply

