Perang flame di antispore.com

Yeah, akhir-akhir ini gue baca sebuah artikel di kotaku, mengenai keberadaan sebuah situs yang menentang sebuah game populer Spore. Jujur aja, gue sendiri belum sempat main game spore ini dikarenakan spek laptop yang memang tidak diperuntukkan untuk main game-game dengan tingkat grafik 3d yang berat. Tapi, inti dari situs ini, antispore.com, adalah mengecam Spore karena tidak sesuai dengan ajaran umat Nasrani.

Namun, usut punya usut, ternyata website ini adalah sebatas sebuah website bohongan. Bohongan dalam arti pembuatnya tidak benar-benar memprotes spore dengan website ini, melainkan hanya ingin melihat tanggapan masyarakat mengenai apa yang dia tulis di website ini.

Dan, si pembuat website ini cukup sukses dalam melakukannya. Untuk setiap artikel yang dia tulis, bisa terdapat lebih dari 1000 comment. Ada comment yang mendukung pendapatnya, ada comment yang mencercanya, bahkan beberapa comment berbau atheist dalam taraf ekstrim, di mana mereka benar-benar menganggap bahwa Tuhan tidak ada.

Namun, yang lebih menarik lagi, adalah bahwa ternyata banyak orang yang melakukan posting comment tanpa sepenuhnya membaca post. Ternyata, setelah postingan di blog ini dicermati, di sana-sini terdapat sisipan-sisipan humor, dengan posting ini yang paling jelas di mana ditulis untuk tidak mempercayai begitu saja hal-hal yang tertulis di internet (tentunya website ini termasuk, hahaha!) dan tentang poe’s law yang berbunyi kurang lebih seperti ini

Without a winking smiley or other blatant display of humor, it is impossible to create a parody of Fundamentalism that someone won’t mistake for the real thing.

Yep, postingan ini sudah benar-benar menunjukkan bahwa website ini hanyalah contoh dari aplikasi poe’s law. Meskipun begitu, di bagian comment di bawah, perang flame terus berlanjut, dan hanya sedikit comment yang menulis bahwa mereka salut pemilik website ini dapat membuat lelucon yang sangat baik seperti website ini. Kalau orang-orang yang melakukan flame war benar-benar membaca post di atas dan memahaminya, tentunya mereka akan sadar bahwa mereka sedang buang-buang waktu, dan sudah waktunya mengakui bahwa mereka sudah jadi korban lelucon yang dilakukan dengan sangat rapih.

Pendapat gue soal kejadian ini? Yah, gue salut sama admin antispore.com yang sudah berhasil melakukan eksperimen/prank yang sangat rapih. Namun, gue rada ngeri juga baca comment-comment yang ada, bahwa ada orang-orang yang sangat tidak percaya pada keberadaan Tuhan. Kesimpulan? Ternyata banyak orang-orang yang langsung ingin lompat untuk menyelesaikan/mengkomentari masalah tanpa terlebih dahulu mengidentifikasi masalahnya. Semoga kita semua tidak jadi orang-orang seperti itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s