Keteteran kuliah

Akhirnya, setelah saya menjadi seorang mahasiswa tingkat dua, saya jadi sering merasakan suatu sensasi yang sebelumnya jarang saya rasakan: keteteran (ketinggalan, red.) mata kuliah.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Padahal selama TPB saya merasa masih mampu untuk mengejar ketertinggalan saya di bidang akademis saat kuliah. Setelah meninjau ulang gaya hidup saya di tingkat dua ini, saya akhirnya dapat membuat list alasan saya keteteran:

  1. Saya membawa sebuah playstation 2 (waduh), yang menimbulkan efek yang kemudian berpropagasi kemana-mana sehingga timbullah semacam efek masalah berantai yang kurang lebih bisa anda pikirkan sendiri
  2. Mulai berpikir untuk lebih aktif di organisasi dan kegiatan non akademis (baca: nyampah di ARC dan HME), akan tetapi pola pikir ini secara tidak sadar menimbulkan pemikiran untuk mengorbankan kegiatan lain yang sama pentingnya: kegiatan akademis
  3. Jadwal kuliah yang bergeser dari pagi hari ke siang hari. Akibatnya, time slot dari mulai pukul 12 siang hingga 4 sore hampir semuanya terpakai. Efek dari penggeseran ini ada bermacam-macam. Yang pertama, tidak disediakannya slot waktu untuk salat Dzuhur – dan kadang Ashar – sehingga saya harus mencuri-curi waktu di antara kuliah, yang tak pelak lagi mengurangi waktu kuliah saya (worst case scenario adalah pada saat ada kuis). Kemudian, jadwal kuliah ini mendukung perubahan gaya hidup saya, sehingga saya lebih sering tidur malam hari dan bangun siang hari. Padahal, menurut sebuah artikel yang saya baca, manusia tidak didesain oleh sang Maha Pencipta untuk beraktifitas di malam hari. Jadi, kegiatan belajar di malam hari tidak maksimal, saya bangun siang hari, dan sebentar kemudian saya pergi kuliah. Kapan belajarnya?
  4. Pelajaran tidak nyambung dengan SMA. Well, mungkin ada yang nyambung, tapi itu bisa dihitung dengan jari. Beberapa pelajaran harus dipelajari dari nol.
  5. Buku referensi yang tidak mendukung. Karena HME telat menyediakan layanan buku fotokopian, saya terlanjur membeli buku advanced engineering math dengan tebal 1000 halaman lebih, padahal yang dipakai pada Matematika Teknik hanya beberapa bab saja. Akhirnya, saya membeli buku tebal secara sia-sia dengan harga yang lebih mahal. Buku berikutnya yang saya beli sia-sia adalah Digital Design Frank Vahid, yang ternyata kualitas fotokopianya bisa dikatakan cukup buruk. Buku ketiga, yang tidak salah-salah amat, adalah buku Discrete Math, yang terlambat satu edisi dari fotokopian HME. Setelah salah membeli, saya baru sadar  bahwa saya adalah orang yang perfeksionis yang malas membaca buku yang salah.
  6. Puasa. Meskipun saya tidak boleh menyalahkannya, tetap saja toh saya menyalahkan puasa. Ngantuk + lemes = pengen tidur di kelas.
  7. Elasto Mania
  8. Tidak mampu mengatur waktu. Saat saya menulis post ini, di sebelah kiri saya ada 11 soal Sistem Digital yang harusnya saya kerjakan untuk saya kumpulkan pukul 15.00 besok.

Mungkin memang saya saja yang salah. Atau mungkin juga yang lain juga merasakan. Namun, tetap saja ini artinya saya harus melakukan suatu perubahan.

Posted in UncategorizedTagged

4 thoughts on “Keteteran kuliah

  1. Sebenernya cuma 1 masalah yang dihadapi, yaitu gak bisa ngatur prioritas. Sebanyak apapun godaan hedon, sepenuh apapun kegiatan organisasi, kalo bisa ngatur prioritas, semuanya bisa jalani😀

    *pada kenyataannya, aku yang paling gak bisa ngatur prioritas xD*

  2. Apakah masuk ARC dan HME sebenernya akan menjadi momok akademis kita? >.<

    Seperti kata Lala, mana proiritas kita? Apakah kuis atau Shalat? Nah lo dit.. yang mana?

  3. Prioritas yah…
    Hemm, katanya klo dalam kondisi darurat, solat boleh dijamak. Sooo, karena kuis adalah sebuah kondisi darurat yang menentukan masa depan gue, maka….

    Gue dah mulai nyicil baca2 kreyszig akhirnya hehehe

    Tetep aja semua salah ElMa😀

Leave a Reply

