Install package, source, dan ports

Tugas ARC no. 6!

Sesuai judulnya, gw akan memberitahukan bagaimana melakukan instalasi package, source, dan port di FreeBSD 6.3 . BTW, karena gw menggunakan komputer warnet dengan keyboard yang tuts C nya rada-rada, mohon dimaafkan klo jumlah typo nya kelewatan…

Intinya, instalasi package dan port adalah install aplikasi pada freebsd, jadi sebenernya ini kurang lebih sama kayak instalasi software di dalam windows. Bedanya, tentu saja kita sedang menggunakan FreeBSD, sebuah open source yang mantap.

Secara umum, instalasi software third-party di UNIX adalah sebagai berikut:

  1. Download softwarenya
  2. Unpack software dari format pendistribusiannya (biasanya dalam bentuk tarball)
  3. Cari dokumentasinya untuk mengetahui cara instalasi software
  4. Kalau software didistribusikan dalam format source, lakukan kompilasi (make)
  5. Tes dan install software

Package

Package merupakan aplikasi yang akan kita download dalam bentuk satu file. Package berisi semua command yang sudah di-compile, beserta file dokumentasi dan konfigurasi.

Cara instalasi package

Kita dapat melakukan instalasi package yang terdapat dalam direktori oka maupun dalam server dengan menggunakan pkg_add . Contoh:

# pkg_add lsof-4.56.4.tgz

Apabila kita tidak memiliki package dalam direktori lokal, kita dapat menambahkan -r pada pkg_add. Otomatis FreeBSD akan mencari package tersebut lewat FTP server. Untuk melihat informasi mengenai suatu package tertentu, kita dapat menggunakan command pkg_info. Untuk menghapus package, gunakan perintah pkg_delete. Contoh:

# pkg_delete xchat-1.7.1

Port

Sebelum kita dapat melakukan instalasi port, pertama-tama kita harus memiliki ports collection. Ports collection merupakan sekumpulan makefile, patch, dan file deskripsi yang terletak pada /usr/ports. Biasanya koleksi port ini sudah terinstall saat kita menginstall FreeBSD (asumsi lo bilang yes).

Cara instalasi port (harus login sebagai root)

  1. Apabila kita tahu nama port yang ingin di install tetapi tidak tahu lokasinya, kita dapat mencarinya dengan menggunakan command whereis. Misalnya kita ingin mencari lsof :
    # whereis lsof
    lsof: /usr/ports/sysutils/lsof
  2. Kalau lokasi file sudah diketahui, ganti direktori ke tempat port berada
    # cd /usr/ports/sysutils/lsof
  3. Lakukan compile dengan mengetikkan make.
  4. Setelah kompilasi selesai, install dengan menggunakan command make install
  5. Keinstall deh!
  6. Sebaiknya lakukan pembersihan terhadap semua temporary file yang digunakan selama proses instalasi dengan menggunakan command make clean.

Source

Kelihatannya metode ini agak jarang, tapi apabila kita mendownload suatu aplikasi dalam bentuk tarball, maka kita harus melakukan ekstraksi, dan kemudian melakukan compile dengan menggunakan command makefile. Instalasi dengan source mungkin agak sulit, karena ada saja kemungkinan kegagalan saat compile, dan apabila ini sampai terjadi, kita mungkin harus melakukan modifikasi pada source code nya +_+

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s