APRS + EQSO

APRS? EQSO? Makhluk apa lagi itu? Ini ada hubungannya dengan divisi radio wireless ARC ternyata, saudara-saudara. The world of amateur radio is deeper than i thought…

APRS (Automatic Position Reporting System)

APRS adalah sistem yang didasarkan pada sistem pada radio amatir untuk komunikasi secara real time dalam waktu singkat pada suatu area. Selain dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, peringatan, pengumuman, dan buletin, fitur yang paling menarik dari APRS adalah kemampuannya untuk digunakan dalam peta. Apabila suatu objek dengan yang mempunyai perlengkapan GPS ditaruh pada suatu peta, otomatis posisi objek itu akan didistribusikan kepada peta milik semua yang berada di lokasi dekat objek itu ditempatkan.

APRS dikembangkan sejak tahun 1980an oleh Bob Bruninga, yang saat ini merupakan seorang senior research engineer di United States Naval Academy.

APRS sendiri berbeda dengan packet radio pada umumnya. APRS hanya mengenal 4 macam packet, yaitu posisi, status, pesan, dan query.

Dalam penggunaannya yang paling sederhana, APRS digunakan untuk mengirimkan informasi, data, dan laporan mengenai posisi suatu objek secara real-time dengan menggunakan sinyal data yang dikirimkan lewat frekuensi radio amatir. Kelebihan APRS dibanding dengan GPS adalah APRS dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai macam data, seperti laporan cuaca, pesan teks singkat, data telemetri, e-mail singkat, dan prakiraan badai.

Struktur APRS terdiri dari peralatan Terminal Node Controller (TNC) yang ditempatkan oleh operator radio amatir sendiri. Perlengkapan ini meliputi sound card yang menghubungkan radio ke komputer, TNC sederhana, dan TNC “canggih” yang dapat memonitor status packet data yang sudah dikirim.

eQSO

eQSO merupakan suatu program yang digunakan untuk menghubungkan operator radio amatir (dengan menggunakan RF gateway) dan pengguna PC lewat internet.

Software untuk eQSO dikembangkan oleh Paul M0ZPD, dan pada awalnya penggunaanya ditujukan hanya sebatas radio amatir.

Diagram berikut menunjukkan bagaimana sistem eqso bekerja:

Kurangnya bandwidth dapat menyebabkan hilangnya suara, atau ada jeda dalam percakapan saat menggunakan fasilitas ini.

Fitur-fitur kunci dari eQSO:

  • Sistem berbeasis server
  • Pengguna komputer dihubungkan lewat internet, melalui salah satu server eQSO
  • Pengguna RF terhubung melalui RF internet gateway lokal, yang kemudian menghubungkan mereka ke server eQSO lewat internet

Jadi, intinya eQSO memungkinkan pengguna PC dan radio amatir saling berhubungan dengan menggunakan internet! simple!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s