Pendapat gw soal radio amatir

Yep, setelah posting di bawah, sekarang sama ARC gw disuruh nulis tentang pendapat gw dan apa yang gw tau tentang radio amatir.

Sekarang, apa yang gw tau. Otomatis, tentu saja gw tau sebanyak apa yang udah gw tulis di dalam postingan gw sebelumnya tentang sejarah radio amatir. So, ’nuff said, ini gak usah ditulis lagi menurut gw.

Sekarang, soal pendapat gw mengenai radio amatir

Yep, gw g nyangka kalo radio amatir itu sebenernya udah lumayan lama (satu abad lebih wow) dan ternyata gak amatir :p , karena amatir itu ternyata cuman karena alasan larangan komersialisme atau penggunaan radio amatir untuk mencari keuntungan dari segi finansial.

Misalnya, seperti tertulis di artikel radio amatir wikipedia, bahwa selama perang dunia, radio amatir digunakan sebagai alat komunikasi dalam perang. Bahkan, pada tahun 1982, selama perang Falklands, di mana sistem komunikasi telepon dan radio diputus sehingga pulau tersebut terputus dari London, dengan menggunakan radio amatir, informasi mengenai pergerakan musuh etc etc dapat direlay ke pihak London. Wow!

Berhubung di negeri kita sedang tidak ada perang(dan mudah-mudahan gak akan ada), radio amatir di Indonesia memang tidak memiliki fungsi-fungsi ekstrem seperti sebuah alat komunikasi militer. Namun, sistem ini menurut gw, sudah melayani fungsi sebagai salah satu bentuk media komunikasi dan penyampaian informasi yang tergolong mangkus dan sangkil (besok ujian TTKI, maklum rada trash talk).

Meskipun bagus, menarik, bersejarah, etc etc, sayangnya kelihatannya gw g bakal bergabung dengan divisi RW di ARC, karena pengen mengejar divisi networking (mungkin entar gw bisa nyampah-nyampah sama divisi RW kalo boleh). Oh well, wait for my next post!

Leave a Reply

