Bump of Chicken ~The Band~

Seperti yang sudah gw tuliskan, gw akan menulis tentang Bump of Chicken, yang liriknya sudah sampai di blog ini lebih dulu dari band nya. Kalau kuma bilang kuma bakal nulis, kuma menulis.

Sebuah band beraliran rock asal Jepang, dengan nama yang mungkin agak aneh. Benjol Ayam?

The band . Dari kiri ke kanan:

  • Masukawa Hiroaki – gitaris, dan yang nulis hidden track di album (which explains O-TO-GA-ME はーと)
  • Fujiwara Motoo – composer, lyricist (yep, he’s responsible for all those awesome lyrics), guitar, vokalis, band leader
  • Masu Hideo – drummer
  • Naoi Yoshifumi – bassist, aksi panggung =p

バンプ・オブ・チキン (Banpu Obu Chikin)

Bump of Chicken, adalah band yang berasal dari Sakura, Chiba, Jepang. Sejak dibentuk tahun 1994, BoC sudah merilis 5 album, dan 14 single. BoC ternyata termasuk band yang terkenal (mungkin kalian di Indonesia umumnya udah ada mindset Laruku kalo denger J-rock) dan lagu-lagu singlenya selalu masuk top ten di Oricon Chart.

Anggota-anggota BoC udah saling kenal sejak masih TK, dan adalah temen sekelas sepanjang bersekolah. BoC pertama kali manggung waktu pensi (cultural festival, tapi supaya lebih enak aja) di sekolahnya, tepatnya waktu kelas 9 (3 SMP), memainkan cover untuk album The Beatles yang berjudul “Twist and Shout”.

Keempat anggota BoC memang sudah tertarik dengan musik sejak masuk SMP, terutama The Beatles. Mereka sangat termotivasi oleh The Beatles, hingga akhirnya pada saat kelas 2, mereka memutuskan untuk membentuk band ini.

Sejak saat itu, BoC memulai karir tak resmi di dunia rock. Mereka biasanya membawakan cover dari The Beatles, dari satu pensi ke pensi lainnya. Di tahun 1996, Fujiwara mulai membuat lagu asli untuk band.

Saat kuliah, mereka membuat demo tape, yang pada akhirnya memberikan mereka tempat di High Line Records.

Lirik-lirik Fujiwara Motoo selalu mendapat komentar sebagai lirik-lirik yang dalam, bermakna dan kompleks. Dan secara pribadi, gw juga berpikir begitu.

Album

  • Flame Vein
  • The Living Dead
  • jupiter
  • Flame Vein +1
  • Yggdrasil
  • orbital period

Flame Vein +1 adalah rilis ulang album Flame Vein, dengan tambahan satu lagu yaitu Battle Cry. Gw punya lima-limanya, jadi buat yang berminat silakan hubungi gw.

Sekarang, how did i bump into bump of chicken? Jawabannya: Tales of the Abyss. Gw ga akan membahas game ini karena memang topiknya bukan game ini. Tetapi pokoknya game ini mantep. Saat opening, lagu BoC yang berjudul Karma mengalun, tetapi sayangnya oleh pihak Namco Amerika entah kenapa dibuat jadi instrumental. Tapi, meskipun sudah dibuat instrumental, tetap saja lagu mereka ear-catching. Gw pun meneliti sumber soundtrack ini dan akhirnya berhasil mendownload Karma. Yup, sangat keren! Saat pertama kali mendengarnya, lagu itu gw repeat sampai 4 kali. Setelah itu, gw mencari terjemahan liriknya. Dan setelah membaca liriknya, pendapat gw mengenai BoC meningkat drastis. Lirik yang gw temukan adalah sebuah lirik yang puitis, dalam, dan sangat mewakili game ini (kenapa? mainkan gamenya dan baca liriknya).

Dari situlah, gw terus mengumpulkan lagu-lagu bump of chicken, baik lewat google maupun frostwire, dan akhirnya setelah kenalan dengan FTP ITB (yang penuh barang ilegal, hahaha), gw mendapatkan discography lengkap BoC. Sebagian besar memiliki irama yang menyenangkan, meskipun mungkin beberapa lagu terlalu mellow untuk didengarkan. Namun, ada satu kesamaan yang dimiliki semua lagu: lirik yang menggugah (BONUS TRACK TIDAK DIHITUNG! INGAT, BONUS TRACK GAK DIITUNG!)

Kesimpulan? A personal favorite. Band dengan lagu yang apabila didengarkan sambil membaca terjemahan liriknya, dapat mengubah-ubah perasaan anda.

11 thoughts on “Bump of Chicken ~The Band~

  1. hwaa…

    minta album Flame Vein, Jupiter ama Flame Vein +1 donk..

    heuheuheu…

    gw ngefans banget ma ni band…

    hhahaa

    gw lebih suka ma Bump of Chicken drpada Laruku ato band2 jrock lainnya…

    heuheu…

  2. Hee… Itu keterangan gambarnya ada yang keliru, tuh!! Yang ketiga dari kiri (kedua dari kanan) itu si Naoi Yoshifumi (nickname: Chama), bassist-nya… Yang paling pinggir kanan (keempat dari kiri) baru si Masu Hideo, drummer-nya!!

    Nice to know another BoC fan, anyway… ^n^

    I’m dying to see BoC’s live shows one day!! >_<

  3. Oia, BTW, ada satu lagi kesalahan saat ente ngutip info… Yang ditambahin ke Flame Vein +1 itu bukan “Battle Cry”, tapi “DANNY”. Itu lagu yang bikin mereka tenar di kalangan indie, karena mereka jadi jawara suatu kompetisi band gitu lewat lagu itu (quite odd, huh, demi pertama kali denger lagu itu ane cuma bisa mikir, “Ini vokalisnya ngomong apa, sih? Orang Jepang parah banget bahasa Inggrisnya, deh!”) dan setelah itu dapet kontrak label rekaman… sou.

    *nggak usah ngladenin ane, ya, kalo’ udah mulai berpanjang-lebar soal BoC… Diemin aja, deh.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s